nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ina Yuniarti Perempuan Penyebar Video 'Penggal Jokowi' Divonis Bebas

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 19:04 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116794 ina-yuniarti-perempuan-penyebar-video-penggal-jokowi-divonis-bebas-lMGJfmWqHw.jpg ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat memvonis bebas membebaskan Ina Yuniarti atas kasus penyebaran video ‘penggal kepala Jokowi’ hingga viral di internet. Perempuan warga Bekasi, Jawa Barat itu dinyatakan tak terbukti bersalah.

Ketua Majelis Hakim, Yuzaida dalam sidang di PN Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019), menyatakan, Ina Yuniarti tidak terbukti secara sah dan menyakinkan bersalah melakukan tindak pidana melanggar Pasal 27 ayat 4 Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (UU ITE).

“Memerintahkan terdakwa dibebaskan, dikeluarkan dari tahanan segera setelah putusan ini di ucapkan,” kata Yuzaida saat membacakan amar putusannya.

Majelis Hakim juga menyatakan hak-hak Ina Yuniarti dalam kemampuan, kedudukan dan martabatnya harus dipulihkan kembali karena tidak terbukti melakukan pidana seperti yang didakwa oleh jaksa penuntut umum (JPU).Ancam Penggal Jokowi

Potongan video 'ancam penggal kepala Jokowi' (Ist)

JPU sebelumnya menuntut Ina Yuniarti 3,5 tahun penjara karena menyebarkan video ‘penggal kepala Jokowi’ hingga viral. Video itu direkam saat demonstrasi memprotes hasil Pilpres di depan Gedung Bawaslu, Jakarta, pada Mei 2019.

Baca juga: Jadi Tersangka Video 'Penggal Jokowi, Ina Yuniarti Ditahan Polisi

Hakim menyatakan terdakwa hanya ingin beri tahu teman-teman kalau terdakwa sudah ada di Bawaslu.

“Bahwa terdakwa hanya asal men-share dan tidak memilah-milah foto atau video," kata Yuzaida.

Usai mendengarkan vonis bebas, Ina Yuniarti langsung sujud syukur.

Ina Yuniarti ditangkap polisi di rumahnya Kompleks Grand Residence City, Cluster Prapanca 2, Bekasi, pada Rabu 15 Mei 2019 setelah viral video ‘penggal kepala Jokowi’. Dia kemudian dijadikan tersangka dan diadili di PN Jakarta Pusat.

Ina Yanuarti didakwa menyebarkan video ke media sosial bersikan pernyataan Hermawan Susanto, seorang pendemo di depan Bawaslu. Hermawan dalam video itu mengeluarkan kata-kata bernada ancaman ke Jokowi.

“Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi. Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah,” ucap Hermawan Susanto.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini