Jokowi Masih Butuh Waktu Terbitkan Perppu KPK

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 14 Oktober 2019 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116772 jokowi-masih-butuh-waktu-terbitkan-perppu-kpk-3aPiZKZvfx.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), hari ini. Presiden masih perlu waktu mendengar masukan dari berbagai pihak.

Hal itu Staf Khusus Presiden, Adita Irawati saat dikonfirmasi wartawan terkait dengan batas waktu yang diberikan mahasiswa untuk menerbitkan regulasi pengganti UU KPK yang baru.

“Sepertinya tidak hari ini,” kata Adita, Senin (14/10/2019).

Sebelumnya mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia mengultimatum Jokowi agar mencabut UU KPK dengan menerbitkan Perppu. Mahasiswa memberi waktu ke Presiden sampai 14 Oktober, jika Perppu tidak diterbitkan maka mereka mengancam akan kembali berunjuk rasa dengan massa lebih besar.

 Demo DPR

Menurut Adita, pemerintah masih mempertimbangkan apakah menerbitkan Perppu KPK atau menempuh cara lainnya dalam mencabut UU KPK yang baru.

Baca juga: KPK Sangat Berharap Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Menurut dia, Jokowi masih mempertimbangkan masukan dari banyak pihak sebelum memutuskan apakah menerbitkan Perppu KPK atau tidak.

"Perppu KPK ini kan Presiden mendengarkan masukan banyak pihak. Kemudian banyak yang bertanya ini mahasiswa memberi tuntunan deadline hari ini, ya beliau kan mendengarkannya dari berbagai pihak. Juga mempelajari lagi salinan yang dari DPR. Jadi mungkin masih merlukan waktu," kata Adita.

Adita mengaku belum mengetahui apakah UU KPK yang baru tersebut sudah ditandai Presiden Jokowi atau belum. Pasalnya, bila undang-undang tersebut sudah diberi nomor maka bisa dilakukan uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK).

"Nah kalau itu sebaiknya ditanyakan ke Setneg deh karena saya juga itu lebih ke administrasinya," pungkasnya.

1
2
Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini