nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Temui Ketum Parpol di Luar Koalisi, Jokowi: Bicara Tantangan Indonesia ke Depan

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 17:37 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116756 temui-ketum-parpol-di-luar-koalisi-jokowi-bicara-tantangan-indonesia-ke-depan-7ZOeOCa7gM.jpg Prabowo dan Jokowi (Foto: Biro Kepresidenan)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah melakukan pertemuan pertemuan empat mata dengan ketua umum partai yang berada di luar pemerintahan. Dalam kesempatan itu, ia menerangkan bahwa pihaknya membahas tantangan Indonesia ke depan baik secara geopolitik dan geoekonomi.

"Kita ini berbicara mengenai tantangan Indonesia ke depan, tantangan yang akan kita hadapi baik dari posisi geopolitik geoekonomi. Sekarang ini tantangan eksternal ekonomi, pelambatan ekonomi dunia yang semua negara sudah merasakan," ujar Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Jokowi menilai, persoalan bangsa ke depan perlu dibahas bersama para ketua umum yang berada di luar pemerintahan. Ia pun tak menampik bahwa mengajak partai-partai tersebut mendukung jalannya pemerintahan.

"Hal-hal seperti itu dibicarakan dengan ketua umum, sehingga kita memiliki visi yang sama, bagaimana menghadapi, kita tahu apa yang harus kita kerjakan," jelasnya.

Jokowi

Baca Juga: Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Digelar Pukul 14.00 WIB

Jokowi sudah bertemu dan melakukan pertemuan empat mata dengan Ketum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, dan Ketum PAN Zulkifli Hasan. Kepala Negara tak menjawab apakah dirinya juga akan mengundang Presiden PKS Sohibul Iman.

Dalam pertemuannya dengan Zulhas, Jokowi juga mengakui turut membahas wacana amandemen terbatas UUD 1945. Menurut dia, sosok Zulhas merupakan mantan Ketua MPR dan saat ini masih menjawab Wakil Ketua MPR dinilai tepat untuk membahas wacana amandemen dasar negara itu.

"Saya tadi bertanya mengenai amandemen ke beliau kan mantan Ketua MPR, sehingga yang sudah dipersiapkan, kajian seperti apa, kira-kira seperti apa. Beliau kan masih di pimpinan MPR," paparnya.

"Saya ini dalam proses bertanya selain urusan yang berkaitan dengan koalisi," tambah mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini