nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Prabowo-Paloh Usulkan Amandemen UUD Menyeluruh, Zulhas: Itu Sulit

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 12:46 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116588 prabowo-paloh-usulkan-amandemen-uud-menyeluruh-zulhas-itu-sulit-oQ8qDNsamj.jpg Pertemuan Prabowo dan Surya Paloh (Foto: Okezone)

JAKARTA - Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menilai amandemen UUD 1945 secara menyeluruh sulit untuk dilakukan. Menurut dia, wacana amandemen terbatas saja sulit mendapatkan persetujuan dari pihak-pihak terkait.

"Menurut saya untuk menyeluruh semua itu sulit, karena kita sudah coba lima tahun. Nanti ini enggak setuju, ini enggak setuju, dua saja enggak setuju ya enggak bisa jalan, karena harus 3/4 ditandatangani," kata Zulhas di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Kendati demikian, Zulhas menilai niat Prabowo dan Surya Paloh baik terkait usulan amandemen UUD 1945 secara menyeluruh. Semua keputusan akhir amandemen ada di tangan parpol masing-masing.

"Niat Pak Prabowo dan Pak Surya Paloh saya kira bagus, tapi memang kan ada momentum seperti dulu waktu amendemen itu ada momentum, hanya apakah ada momentum atau tidak saya kira pada akhirnya tergantung pada keputusan politik partai-partai," jelasnya.

Zulhas

Baca Juga: Prabowo Direncanakan Bertemu Cak Imin Malam Ini

"(Amandemen terbatas) itu saja tidak mudah, apalagi tambah. Jadi amendemen terbatas saja sungguh sulit juga. Kami saja lima tahun sudah bolak balik silturahim ke partai dan sebagainya. Jadi semangatnya bisa tapi memang menurut saya pada suatu saat enggak tahu kapan, memang perlu disempurnakan konstitusi kita, tapi saya enggak tahu kapan menyeluruh itu," tutur Ketua Umum PAN itu.

Diketahui, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto membuat kesepakatan politik dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Salah satu kesepakatan itu yakni mengusulkan agar amandemen UUD 1945 dilakukan secara menyeluruh.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini