nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Resmikan Pengoperasian Palapa Ring, Ini Harapannya

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 11:39 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116562 jokowi-resmikan-pengoperasian-palapa-ring-ini-harapannya-HX4xtqcdEs.jpeg Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pengoperasian Palapa Ring di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/10/2019). Palapa Ring diharapkan bisa mempermudah kebutuhan internet terutama untuk di wilayah timur Indonesia.

"Apa yang ingin saya sampaikan dunia telah berubah dari era analog ke era digital, dan teknologi digital sekarang sudah menerobos batasan jarak dan waktu, pengiriman informasi bisa dilakukan dengan cepat,” kata Jokowi.

“Teknologi digital, big daya analytic sangat mempermudah pekerjaan kita data dan informasi bisa dikumpulkan bisa melalui smartphone terhubung dengan smartoffice dan lainnya.”

 palapa ring

Kepala Negara mengatakan, Pala Ring akan memberikan manfaat bagi para pengguna internet.

"Manfaatnya macam-macam riset perilaku manusia (bisa) diambil dari sini, hati-hati perilaku kita bisa ketahuan, satu provinsi, kabupaten, negara bisa ketahuan, bisa secara mudah dan riil time, riset pasar itu tahu Maluku senengnya apa, sehingga gampang apa yang harus saya jual ke provinsi atau kabupaten," jelas dia.

Kepala Negara juga mengingatkan bahaya penggunaan internet dari satelit Palapa Ring. Pasalnya, data dari satelit itu bisa saja dimanfaatkan pihak lain untuk mengetahui potensi pasar apa saja yang dibutuhkan Indonesia.

"Semuanya jadi sangat akurat, hati-hati dengan ini, jangan sampai ini selera kita diketahui negara lain. Hati-hati dengan ini," tutur Jokowi.

Jokowi mengatakan, pemerintah akan menyusun kebijakan guna menekan risiko dari konektivitas digital tersebut. Menurutnya tidak semua satelit Palapa Ring menggunakan fiber optik karena medannya berat.

"Memang yang mundur sedikit adalah di Indonesia timur karena medannya berat sekali. Tidak semuanya pakai fiber optik baik di laut dan di darat banyak menggunakan antena besar dan membawa ke tempat yang ingin didirikan menaranya juga tidak mudah,” ujar Jokowi.

“Inilah kesulitan lapangan yang berbeda di Indonesia ini, negara yang sangat besar, sangat luas, sehingga kalau mundur mundur sedikit kita semuanya maklum. Tapi yang jelas sekarang kita sudah selesaikan," lanjutnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini