nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KPK Periksa Kepala Sub Auditorat IV.A.I BPK Terkait Suap Proyek SPAM

Puteranegara Batubara, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 10:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116540 kpk-periksa-kepala-sub-auditorat-iv-a-i-bpk-terkait-suap-proyek-spam-6bqdTiQL2E.jpg Juru Bicara KPK, Febri (Foto: Okezone)

JAKARTA - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan melakukan pemeriksaan terhadap Kepala Sub Auditoriat IV.A.I BPK Sepriyadi terkait kasus dugaan suap terkait proyek SPAM di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Dalam jadwal pemeriksaan yang dirilis KPK, Sepriyadi akan diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan tersangka Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta Prasetyo.

"Yang bersangkutan akan diperiksa dalam kapasitasnya sebagai saksi," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Senin (14/10/2019).

Secara paralel, penyidik lembaga antirasuah juga melakukan pemeriksaan terhadap Direktur Proposal PT Bayu Surya Bakti Konstruksi, Dani Parmawanti Suparmo, Direktur Utama PT Wijaya Kusuma Ewindo, Lily Sundarsih dan Direktur Utama PT Wijata Kusuma Ewindo, Budi Suharto.

"Mereka juga akan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka yang sama," ujar Febri.

KPK

Baca Juga: Dua Tersangka Baru Suap Proyek SPAM Kemen-PUPR Diperiksa KPK

Sebelumnya KPK telah menetapkan anggota BPK, Rizal Djalil; dan Komisaris PT Minarta Dutahutama, Leonardo Jusminarta Prasetyo; sebagai tersangka baru dalam kasus dugaan suap terkait proyek SPAM di Kementerian PUPR.

Dalam perkara tersebut, Rizal diduga menerima suap dari Leonardo dengan total 100.000 dolar Singapura pecahan 1.000 dolar Singapura. Uang itu diserahkan Leonardo kepada Rizal melalui salah satu pihak keluarga.

‎Uang tersebut diduga berkaitan dengan proyek Jaringan Distribusi Utama (JDU) Hongaria dengan pagu anggaran Rp79,27 miliar. Rizal disinyalir meminta proyek itu kepada petinggi SPAM Kementerian PUPR untuk kemudian dikerjakan proyek oleh perusahaan Leonardo.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini