nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tak Masalah Gerindra Gabung Koalisi Jokowi, Nasdem: Asal Jadi Mitra Konstruktif

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Senin 14 Oktober 2019 06:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 14 337 2116472 tak-masalah-gerindra-gabung-koalisi-jokowi-nasdem-asal-jadi-mitra-konstruktif-02pWDoTriv.jpg Ketua DPP Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago. (Foto : Ist)

JAKARTA – Kunjungan yang dilakukan oleh Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra Prabowo Surya Paloh ke kediaman Ketum Partai Nasdem Surya Paloh mencuatkan isu adanya pembahasan mengenai masuknya Gerindra ke dalam koalisi pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin mendatang.

Hal itu pun tidak dibantah Ketua DPP Partai Nasdem, Irma Suryani Chaniago. Meski semula berharap berharap Gerindra menjadi oposisi pemerintah, Irma menyebut pihaknya kini mulai sepakat jika partai besutan dalam koalisi Jokowi.

Pasalnya, menurut Irma, sepanjang partai besutan Prabowo Subianto itu mampu berkomitmen untuk membangun Indonesia ke arah yang lebih baik, ia merasa tidak masalah jika Gerindra bergabung dengan koalisi.

"Tetapi kalau kemudian, seluruh partai koalisi termasuk Gerindra di dalamnya, kemudian bersepakat juga menjadi mitra konstruktif, baik di dalam maupun di luar, saya kira enggak ada masalah," kata Irma kepada Okezone, Minggu (13/10/2019).

Prabowo bertemu Surya Paloh. (Foto : Okezone.com/Fahreza Rizky)

Namun, Irma menjelaskan, memiliki oposisi merupakan hal yang penting. Karena dengan begitu, pemerintahan mempunyai partai politik yang mampu mengontrol serta melakukan check and balances.

"Sehingga, kami memang membutuhkan oposisi yang konstruktif, solutif, dan elegan. Kalau itu terabaikan, jangan sampai nanti menimbulkan parlemen jalanan, karena enggak ada oposisi kan jadi parlemen jalanan yang bicara. Ini kan berbahaya," tuturnya.


Baca Juga : Surya Paloh Tak Masalah Bila Gerindra Gabung Koalisi

Seperti diberitakan sebelumnya, Prabowo Subianto menemui Surya Paloh pada Minggu malam, 13 Oktober 2019. Usai bertemu, Ketua Umum Nasdem tersebut mengatakan tidak masalah jika Gerindra gabung dengan koalisi.


Baca Juga : Bertemu Prabowo, Surya Paloh Mengaku Tak Bicarakan Jatah Menteri

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini