nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pengungsi dari Wamena Kembali Tiba di Makassar

Herman Amiruddin, Jurnalis · Minggu 13 Oktober 2019 21:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 13 337 2116428 pengungsi-dari-wamena-kembali-tiba-di-makassar-HF1Svno4VI.jpg Pengungsi berharap Wamena damai agar mereka bisa kembali (Foto : Okezone.com/Salman)

MAKASSAR - Ratusan pengungsi korban kerusuhan di Wamena Kabupaten Jayawijaya, kembali dievakuasi menggunakan pesawat Hercules ke Lanud Sultan Hasanuddin Makassar di Maros Sulawesi Selatan.

Para pengungsi terdiri dari 102 orang warga Sulawesi dan 14 orang merupakan warga dari Pulau Jawa.

Meski kondisi keamanan pasca kerusuhan berangsur membaik, para pengungsi memilih kembali ke kampung halaman akibat rasa trauma dan untuk menghindari momentum peringatan 1 Desember di Papua.

Polisi ajak anak-anak korban kerusuhan Wamena bermain (Foto : Okezone.com/Heman)

Salah seorang pengungsi Hermawati mengatakan sebleumnya dirinya bersma keluarga telah berada di pengungsian selama dua minggu di Papua. Banyak di antara para pengungsi, kata Hermawati, memilih mengungsikan diri ke kampung halaman untuk menghilangkan rasa trauma pasca kerusuhan.

"Anak sekolah itu hari ulangan, kebetulan bapak di kota langsung jemput anak-anak pas dengar orang teriak. Tidak ada keluarga luka hanya tetangga. Kita tunggu sampai tanggal 1 Desember. Karena biasa kita di wamena ada gejolak, tapi biasa-biasa tidak seperti ini, makanya kita amankan diri dulu," kata Hermawati di Lanud Hasanuddin

Momentum 1 Desember bagi warga Papua sendiri, merupakan momentum perjuangan yang biasanya diiringi dengan aksi unjuk rasa perjuangan hak penentuan nasib bagi bangsa West Papua.

Sementara Petugas Seksi Angkutan Kanud Sultan Gasanuddin Kapten Tek Sugeng mengatakan evakuasi para pengungsi yang tiba di Lanud Hasnuddin ini, merupakan evakuasi meggunakan pesawat herkules dengan sorte ke 9, yang tiba di Makassar.

"Daerah tujuan maupun yang transit untuk melanjutkan kembali perjalanan ke kampung halaman. Ada 102 orang baru saja landing," kata Sugeng

Baca Juga : Ma'ruf Amin Ajak Ormas Islam Ikut Tangani Radikalisme

Baca Juga : KPK Sita Rp54 Juta dan USD 2.600 dari Rumah Dinas Bupati Lampung Utara

Pengungsi di Sulsel, kata dia, sebanyak 102 orang yang kemudian akan diangkut menggunakan bus ke kota Palopo. "Kalau Makassar sekitar 50 orang ada dari pangkep dan maros// kemungkinan masih ada tapi disana sudah redah," lanjutnya.

Para pengungsi dengan tujuan berbagai daerah di Sulawesi Selatan, melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus angkutan yang telah disiapkan. Sementara pengungsi yang hendak ke pulau Jawa kembali melanjutkan perjalanan menggunakan pesawat herkules milik TNI Angkatan Udara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini