Menag: Santri Miliki Peran yang Tidak Berkesudahan dalam Menangkal Radikalisme

Fahreza Rizky, Okezone · Minggu 13 Oktober 2019 10:31 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 13 337 2116266 menag-santri-miliki-peran-yang-tidak-berkesudahan-dalam-menangkal-radikalisme-0Lrd6x0X30.jpg Menag Lukman Hakim Saifuddin di acara Parade Santri Cinta Damai. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan santri memiliki peran yang tidak berkesudahan dalam menangkal radikalisme. Menurut dia, santri selalu cinta perdamaian lewat penebaran nilai Islam yang substantif.

Hal tersebut dikatakan Menag usai membuka acara Parade Santri Cinta Damai di area car free day (CFD), kawasan Gedung Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (13/10/2019).

Baca juga: Parade Hari Santri, Menag Ikut Bentangkan Bendera Merah Putih Raksasa 

"Ini kan proses yang tidak berkesudahan, never ending process, karena perubahan masyarakat itu sangat dinamis," ujarnya.

Parade Hari Santri 2019 di Kemenag. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu menyatakan tanggung jawab santri ke depan akan semakin besar seiring kompleksnya persoalan bangsa. Santri sebagai duta perdamaian harus mampu memberi solusi atas permasalah yang ada.

Baca juga: Hari Santri 2019, Menag Usung Tema 'Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia' 

"Kompleksitas persoalan tidak sederhana, maka kemudian tanggung jawab santri tentu akan lebih besar dalam peradaban bersama," jelas Menag.

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa santri memiliki peran mengatasi persoalan bangsa melalui penyemaian nilai Islam yang substantif dan esensial. Nilai agama yang dimaksud sarat dengan aspek humanisme sehingga dapat membawa kedamaian.

"Santri di mana pun itu selalu cinta dengan perdamaian, maka cara kita untuk mengatasi berbagai persoalan adalah bagaimana nilai Islam yang substantif yang esensial yang menjadi inti pokok ajaran agama Islam yaitu memanusiakan manusia. Itu harus betul-betul menjadi ruh jiwa santri dalam menyebarkan nilai agama," ucap Menag.

Baca juga: Peringati Hari Santri, Menag Bersyukur UU Pesantren Disahkan 

Parade Hari Santri 2019 di Kemenag. (Foto: Fahreza Rizky/Okezone)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini