nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gerindra Pastikan Amandemen UUD Tak Otak-atik Sistem Pemilihan Presiden

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Sabtu 12 Oktober 2019 20:59 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 12 337 2116153 gerindra-pastikan-amandemen-uud-tak-otak-atik-sistem-pemilihan-presiden-dr3We7e5fM.jpg Ketua Fraksi Gerindra di MPR Ahmad Riza Patria (Foto: Okezone)

JAKARTA - Fraksi Partai Gerindra di MPR memastikan rencana amandemen UUD 1945 tak akan menyinggung soal sistem pemilihan presiden dan wakil presiden.

"Kami sudah sepakat bahwa MPR tidak mengembalikan pemilihan presiden kembali dipilih MPR," ujar Ketua Fraksi Partai Gerindra di MPR RI, Ahmad Riza Patria di d'consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (12/10/2019).

Baca Juga: Pimpinan MPR Bakal Bertemu SBY Bahas Amandemen UUD 1945

Kemudian, amandemen terbatas UUD 1945 juga dipastikan tidak bakal mengutak-atik urusan masa jabatan presiden, seperti dipilih seumur hidup atau tiga periode.

"Atau periodisasi DPR menjadi enam tahun, tidak begitu, atau presiden jadi delapan tahun, tidak begitu. Jadi, kita harus memahami mengerti bahwa kita ini punya putra putri terbaik yang pintar, cerdas, muda, semua harus diberi kesempatan yang sama," ujarnya.

MPR RI

Menurutnya, sejauh ini pembahasan di MPR terkait amandemen 1945 hanya berbicara mengenai menghadirkan kembali Garis-Garis Besar Haluan Negara (GBHN). Sebab menurutnya, GBHN terbilang penting agar arah kebijakan pemerintahan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

"Yang baik adalah kebijakan Indonesia itu adalah kebijakan kepentingan seluruh rakyat Indonesia, bukan Presiden terpilih saja," ujarnya.

Baca Juga: Bamsoet Tegaskan Amandemen UUD Tak Mengubah Sistem Pemilihan Presiden

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini