nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Peristiwa 11 Oktober: Pangeran Antasari Gugur hingga Einstein Ingatkan AS Bahaya Bom Atom

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 06:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 11 337 2115500 peristiwa-11-oktober-pangeran-antasari-gugur-hingga-eisntein-ingatkan-as-bahaya-bom-atom-pq71GkXSwn.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Serangkaian peristiwa pernah terjadi pada 11 Oktober dari tahun ke tahun. Beberapa peristiwa yang terjadi pada 11 Oktober kemudian tercatat menjadi bagian penting dari sejarah di dunia.

Okezone merangkum beberapa peristiwa penting yang terjadi pada 11 Oktober dari tahun ke tahun. Berikut ulasan singkat peristiwa penting di 11 Oktober hasil rangkuman Okezone :

1. Albert Einstein Surati Franklin D Roosevelt Soal Bom Atom

BBC

‎Pada 11 Oktober 1933, Fisikawan Teoritis, Albert Einstein menyurati Presiden Amerika Serikat, Franklin D Roosevelt. Einstein mengingatkan kepada Franklin soal potensi pengembangan bom jenis baru yang sangat dahsyat (bom atom) menjelang Perang Dunia ke 2.

Ilmuwan asal Jerman tersebut meminta agar ‎Amerika Serikat membuat penelitian tentang bom atom tersebut. Saran Einstein berbuah dengan proyek Manhattan.

Einstein menandatangani manifesto Russell-Einstein bersama seorang Filsuf asal Britania Raya, Bertrand Russell yang isinya menyoroti dan mengecam bahaya senjata nuklir. Einstein menentang gagasan penggunaan nuklir sebagai senjata perang.

2. Ho Chi Minh Kuasai Vietnam Utara

Pada 11 Oktober 1954, Tokoh revolusioner sekaligus negarawan Vietnam, Ho Chi Minh dan Viet Minh berhasil menguasai Vietnam Utara. Ho Chi Minh berhasil mendirikan Vietnam Utara dan diakui oleh Republik Rakyat Tiongkok serta Uni Soviet.

Vietnam awalnya pecah menjadi dua bagian yakni Vietnam Selatan dan Utara. Namun, setelah pemerintahan Vietnam Selatan ‎pada 30 April 1975, kedua negara tersebut resmi bersatu pada 2 Juli 1976, dan diberi nama Vietnam.

3. Apollo 7 Berhasil Meluncur Mengorbit Bumi

Badan Penerbangan dan Antariksa, NASA berhasil meluncurkan pesawat luar angkasa berawak, Apollo 7. Apollo 7 berhasil diluncurkan ari Tanjung Canaveral pada 11 Oktober 1968.

Apollo 7 yang membawa tiga awak pesawat yakni, Eisele, Schirra, dan Cunningham, berhasil mengorbit bumi selama ‎11 hari. Apollo 7 kembali mendarat ke bumi pada 22 Oktober 1968.

4. Boeing 727 Congo Airlines Ditembak Jatuh Pemberontak

Pesawat Boeing 727 Congo Airlines ditembak jatuh oleh pemberontak di Kindu, Republik Demokratik Kongo, pada ‎11 Oktobeer 1998. Peristiwa tersebut menewaskan 41 orang.

Awalnya, Boeing 727 Congo Airlines lepas landas dari Bandara Kindu dengan penerbangan domestik yang tidak terjadwal ke Bandara N'djili di Kinshasa.

Berdasarkan laporan yang dihimpun, hanya 3 menit setelah lepas landas, bagian belakang pesawat dihantam oleh rudal buatan Rusian dari darat ke udara. Alhasil, pesawat tersebut menabrak hutan lebat di depan Kindu dan menewaskan‎ 41 orang.

5. Pangeran Antasari Gugur

Pangeran Antasari

Pahlawan Nasional Indonesia, Pangeran Antasari menghembuskan nafas terakhirnya pada 11 Oktober 1862, di daerah Bayan Begok. Pangeran Antasari meninggal di usia yang ke 53 tahun.

Pangeran Antasari sempat dinobatkan sebagai pimpinan pemerintahan ‎tertinggi di Kesultanan Banjar (Sultan Banjar) dengan menyandang gelar Panembahan Amiruddin Khalifatul Mukminin.

Sebelum wafat, Pangeran Antasari terkena sakit paru-paru dan cacar. Pangeran Antasari meninggal di tengah-tengah pasukannya tanpa pernah menyerah, tertangkap, apalagi tertipu oleh pasukan Belanda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini