nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Diperiksa Kasus Ninoy Karundeng, Novel Bamukmin Dicecar 33 Pertanyaan soal 'Habib'

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 11 Oktober 2019 00:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 11 337 2115478 diperiksa-kasus-ninoy-karundeng-novel-bamukmin-dicecar-33-pertanyaan-soal-habib-jyRITsjIm2.jpg

JAKARTA - Juru bicara Persaudaraan Alumni (PA) 212, Novel Bamukmin selesai menjalani pemeriksaan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya selama kurang lebih 5 jam. Ia pun dicecar sebanyak 33 pertanyaan.

Novel sendiri diperiksa oleh penyidik terkait kasus dugaan penganiayaan dan penculikan yang dialami oleh pegiat media sosial, dan relawan Jokowi, Ninoy Karundeng.

"Ada sekitar 33 pertanyaan yang diajukan, jadi terkait kegiatan Pak Novel pada tanggal 30 (September)," ucap kuasa hukum Novel, Krist Ibnu, di Resmob Ditreskrimum Polda Metro, Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Ninoy Karundeng

Krist Ibnu mengaku bahwa kliennya telah memberikan jawaban dengan lengkap, jelas, dan jujur selama dimintai keterangan oleh pihak penyidik mengenai pemanggilan habib saat terjadinya penganiayaan terhadap Ninoy di Masjid Al-Falah.

"Lalu kita harapkan penyidik sudah jelas mendapat informasi dari Novel bahwa ada narasi yang dibilang habib di peristiwa itu, tidak ada. Karena istilah habib itu adalah kata sandang yang diberikan kepada ulama," paparnya.

"Ya memang masjid pasti tempatnya ulama, enggak ada masjid yang enggak ada ulamanya. Jadi habib ini memang statusnya adalah ulama, sehingga memang dipandang untuk diminta keterangannya," tambah Krist.

Krist menegaskan kalau panggilan habib di Masjid Al-Falah memang ada, namun bukan pada saat kejadian penganiayaan yang menyerang Ninoy.

"Adapun keterangan pak Kabid Humas yang dibilang ada habib melalui CCTV, ya ada memang, tapi bukan pada saat kejadian tersebut," tutupnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini