nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pelantikan Jokowi-Ma'ruf Amin Diharapkan Berjalan Lancar dan Aman

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 21:28 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 10 337 2115431 pelantikan-jokowi-ma-ruf-amin-diharapkan-berjalan-lancar-dan-aman-M2Eoj22wIX.jpg Presiden RI, Joko Widodo (foto: Okezone)

JAKARTA - Pelantikan Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2019–2024, diharapkan berjalan dengan aman dan lancar. Pelantikan dijadwalkan dilaksanakan pada Minggu 20 Oktober di Kompleks Parlemen Senayan.

Massa yang tergabung dalam Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD), menggelar aksi damai di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (10/9/2019). Aksi tersebut dilakukan untuk menyambut pelantikan Jokowi-Maruf Amin.

Baca juga: JK Yakin Aksi Penusukan Wiranto Tak Pengaruhi Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

 

Dalam aksinya, mereka membawa bendera Merah Putih dan membentangkan sejumlah spanduk dan poster, di antaranya bertuliskan "Jaga Indonesia Tetap Damai". Para massa aksi pun berkomitmen untuk mengawal pelantikan Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

"MPD melihat adanya gerakan-gerakan untuk mencoba membuat situasi tidak aman dan kacau, terutama menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih," kata Koordinator aksi, Wiryawan di lokasi.

 Baca juga: Wiranto Ditusuk, BIN Sebut Ada Rencana JAD Ganggu Pelantikan Jokowi-Ma'ruf

Oleh karena itu, sambung Wiryawan, pihaknya memberikan dukungan terhadap TNI/Polri dalam menjaga keamanan, baik sebelum dan sesudah pelantikan.

"Kami menyatakan memberikan dukungan kepada aparat berwajib untuk terus menjaga situasi di masyarakat aman dan damai," tegasnya.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada masyarakat Indonesia untuk membantu TNI/Polri dalam menjaga situasi aman dan damai, serta tidak percaya kepada berita-berita hoaks yang memang dimaksudkan untuk membuat kegaduhan dan kerusuhan.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini