nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akbar Alamsyah Pedemo di DPR Meninggal Dunia

Muhamad Rizky, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 20:15 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 10 337 2115410 akbar-alamsyah-pedemo-di-dpr-meninggal-dunia-z0PnI8lOkI.jpg Ilustrasi demonstrasi di sekitar Gedung DPR (Foto: Okezone)

JAKARTA - Akbar Alamsyah, salah satu korban demonstrasi di Gedung DPR/MPR RI pada 25 September 2019 lalu meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

Kaka kandung Akbar Alamsyah, Fitri Rahmayani membenarkan bahwa adiknya itu meninggal hari ini setelah menjalani perawatan di rumah sakit.

"Iya mas," kata Fitri kaka Akbar Alamsyah saat dikonfirmasi Okezone.

Ilustrasi demonstrasi di DPR yang berujung rusuh

Fitri tidak menjelaskan pada pukul berapa Akbar meninggal dunia. Ia juga belum memberi tahu apakah adiknya itu sudah di bawa dari RSPAD. Begitu juga perihal pemakamannya.

Sementara itu, Kordinator Kontras Yati Andriyani mengatakan Akbar meninggal menjelang Maghrib. Informasi itu didapatnya dari pihak keluarga. Ia juga mengatakan bahwa Akbar akan dimakamkan besok pagi.

"Sedang diurus keluarga, pemakaman besok pagi," tuturnya saat dikonfirmasi terpisah.

Baca Juga : Ibunda: Alhamdulillah Kondisi Faisal Amir Membaik

Sebelumnya, Akbar sempat dikabarkan hilang usai kerusuhan aksi di DPR pada 25 September 2019. Belakangan ia ditemukan dalam kondisi luka-luka dan tak sadarkan diri. Ia kemudian dibawa ke rumah sakit polri.

Keluarga belakangan baru bisa melihat kondisi Akbar dalam keadaan kritis di RS Polri. Setelah itu Akbar dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk menjalani perawatan.

Kabar hilangnya Akbar sebelumnya disampaikan oleh Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS). Mereka menemukan ada satu orang lagi korban yang diduga karena kekerasan saat demo di DPR pada 25 September 2019 lalu yakni Akbar Alamsyah.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Asep Adi Saputra membenarkan adanya informasi tersebut. "Ya (ada korban Akbar Alamsyah)," kata Asep di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan, Selasa 8 Oktober 2019.

Asep mengatakan, Akbar saat itu masih menjalani perawatan secara intensif di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Gatot Subroto, karena tempurung kepalanya hancur.

Asep mengklaim bahwa telah memeriksa saksi terkait Akbar. Berdasarkan keterangan saksi Akbar tengah berusahan menghindari kericuhan pada saat aksi tersebut dengan melompati pagar di depan DPR. Sayangnya saat itu korban terjatuh hingga terluka.

"Kita sudah temukan saksi bahwa yang bersangkutan jatuh pada saat melompati pagar tersebut," terangnya.

Asep membantah informasi bahwa Akbar menjadi korban karena tindakan kekerasan oleh aparat kepolisian yang bertugas. "Jadi sementara dugaannya bahwa yang bersangkutan luka bukan akibat kekerasan karena adanya insiden itu," tukasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini