nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Trending Topic, Arteria Dahlan Dikecam Warganet Usai Sebut Emil Salim Sesat

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 12:11 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 10 337 2115126 jadi-trending-topic-arteria-dahlan-dikecam-warganet-usai-sebut-emil-salim-sesat-LbZztlucaD.jpg Arteria Dahlan.

JAKARTA - Anggota DPR RI, Arteria Dahlan jadi trending topic nomor satu di Twitter gara-gara penampilannya di sebuah acara televisi nasional. Arteria menunjuk-nunjuk lawan debatnya, Emil Salim yang jauh lebih senior dan menyebutnya 'sesat'.

Perdebatan yang tersaji dalam Mata Najwa dengan tema 'Ragu-Ragu Perppu' itu mendadak heboh karena Arteria tak terima saat Emil Salim membantah tuduhannya terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Begini, Bung, di dalam aturan Undang-Undang KPK, ada kewajiban menyampaikan laporan," kata Emil menanggapi pernyataan Arteria yang menyebut harta sitaan KPK tidak masuk ke kas negara. Emil juga menegaskan bahwa KPK setiap tahunnya menyampaikan laporan.

"Mana Prof? Saya di DPR, Prof. Enggak boleh begitu Prof. Saya yang di DPR, saya yang tahu, Prof? Mana? Prof sesat, Ini namanya sesat!" ucap Arteria. 

Foto: Twitter

Sikap Arteria itu lantas dikecam oleh warganet. Bahkan profil politikus PDI Perjuangan (PDIP) sempat diubah menjadi: “Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H.B.A.C.O.T adalah seorang tukang bacot pengacara dan politisi yang gila hormat di Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.Yak pokoknya buat keluarga beliau.. SABAR aja ya.. Gua yang bukan siapa-siapa aja malu apalagi kalian.. Sabar ya..

Di antara netizen, kecaman dan kritik juga disampaikan oleh tokoh nasional, misalnya budayawan Goenawan Mohamad melalui akun Twitter @gm_gm.

Baca juga: Profil Arteria Dahlan di Wikipedia Berubah Jadi 'Tukang Bacot' Usai Maki Emil Salim

Sikap Atteria Dahlan, anggota DPR (PDI-P) sangat tak sopan dlm menanggapi pandangan Dr Emil Salim — orang yg dua kali lebih tua, dan riwayat pengabdiannya jauh lebih panjang — di acara Mata Najwa tadi. Arteria bikin nama DPR yg kian buruk.#MataNajwa,” ucapnya.

Kritikan tajam juga disampaikan Sudjiwo Tedjo lewat akun Twitternya, @sudjiwotedjo. Ia bahkan meminta Ketum PDIP, Megawati Soekarnoputri meminta maaf kepada Emil Salim

"Mbak Mega sebaiknya minta maaf kepada Bapak Emil Salim atas perlakuan kasar anggotanya terhadap sesepuh kita bersama itu. Bahkan bila salah pun, orangtua tak boleh dikasari. Begitu adab kita mengajar. Permintaan maaf langsung dari yg bersangkutan, sudah tidak level lagi, Mbak," tulisnya.

Jika Megawati tak berkenan meminta maaf ke Emil Salim, Sudjiwo meminta agar Arteria dinobatkan sebagai 'Bapak Budi Pekerti Indonesia'. Acara penganugerahannya di depan anak STM se-Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini