nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jika Perppu KPK Dipaksakan, Berpotensi Langgar Konstitusi

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 10 Oktober 2019 01:42 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 10 337 2115008 jika-perppu-kpk-dipaksakan-berpotensi-langgar-konstitusi-MbOASCvRRv.jpg Aksi tolak Perppu KPK (Foto: Okezone.com/Arif Julianto)

JAKARTA - Ratusan orang yang tergabung dalam Masyarakat Penegak Demokrasi (MPD) bersama puluhan gadis cantik dari Srikandi Milenial (SM) menggeruduk Gedung DPR/MPR RI di kawasan Senayan, Jakarta, Rabu 9 Oktober 2019.

Massa menggelar aksi long march dari fly over Semanggi menuju gedung MPR RI dengan pengawalan ketat dari aparat. Mulanya, mereka dilarang masuk ke kawasan seputaran DPR RI oleh aparat karena jalur sejak fly over semanggi di blokir aparat untuk persiapan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

Namun, setelah negosiasi berjalan, massa akhirnya diizinkan masuk maksimal di depan Restoran Pulau Dua Jakarta, samping gedung DPR RI. Pada aksi tersebut, massa turut membentangkan bendera merah putih raksasa, nampak sebagian besar peserta aksi menggunakan topeng "Joker" sebagai simbol kelucuan.

Aksi bertajuk 'Tertawa Di Gedung Rakyat' itu menuntut DPR RI untuk ikut menolak wacana Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu)) yang di dorong oleh KPK dan pihak-pihak lainnya serta mendesak pimpinan KPK baru untuk segera dilantik.

"Kami kembali hadir di gedung rakyat ini untuk mendesak DPR RI menolak wacana penerbitan Perppu yang didorong sebagian pihak karena syarat terbitnya Perppu seperti di atur dalam Pasal 22 ayat 1 UUD 1945 soal syarat kegentingan yang memaksa tidak terpenuhi" ujar Koordinator Aksi MPD, Muhamad Zulfikar Fauzi, Rabu, 9 Oktober 2019.

"Selain ikhwal yang memaksa, Perppu terbit jika terjadi kekosongan hukum. Nah terkait KPK ini, jelas ada Undang-undangnya, dan baru saja diketok DPR revisinya. Jika Perppu dipaksakan, langkah tersebut berpotensi melanggar konstitusi," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini