nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI AD Kerahkan Seluruh Kekuatannya Amankan Pelantikan Presiden

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 20:21 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114924 tni-ad-kerahkan-seluruh-kekuatannya-amankan-pelantikan-presiden-ROdxZ0JnyX.jpg KSAD Andika Perkasa

JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa memastikan bahwa pihaknya akan mengerahkan seluruh kekuatan yang dimilikinya untuk mengamankan jalannya pelantikan Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2019.

"Yang jelas, kami mengerahkan semua, jadi seluruh jajaran," ujar Andika di Mabesad, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Jokowi-Maruf (Foto : Okezone)

Ia menjelaskan, semua anggota TNI AD dari seluruh kesatuan yang ada di matra darat akan disebar ke sejumlah daerah guna memastikan keamanan.

"Kalau jumlah, hampir 100 persen kekuatan Angkatan Darat. Walaupun mereka tidak dijadikan stand by force, praktiknya semua fokus ke arah sana," ucap Andika.

"Apakah itu identifikasi, karena kami kapasitasnya pembinaan dan berusaha membantu menciptakan kondisi bagus. Semua elemen dikerahkan oleh Panglima Kodam," sambung Andika.

Baca Juga : Update Situasi Terkini, KSAD Kumpulkan Petinggi TNI AD di Mabesad

Andika bersama jajarannya telah menginventarisasi sejumlah potensi gangguan menjelang pelantikan Kepala Negara itu. Ia pun memastikan akan fokus memastikan keamanan negara saat pelantikan Presiden dan Wakil Presiden untuk periode 2019-2024.

"Jadi setelah diinventarisasi tadi, kami semakin tahu, sebenarnya yang difokuskan untuk daerah ini saja dan kami merencanakan, siapkan di titik yang tidak rawan, untuk menyiapkan pasukan-pasukan. Sehingga apabila dibutuhkan, bisa kami gerakan ke titik yang menjadi pusat tadi," tutur Andika.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini