nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Gibran Maju di Pilwalkot Solo, Puan: Semua Orang Punya Hak

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 16:03 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114805 soal-gibran-maju-di-pilwalkot-solo-puan-semua-orang-punya-hak-ZNARrmONOl.jpg Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani

JAKARTA - Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani, angkat bicara soal Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi), Gibran Rakabuming Raka yang dikabarkan bakal maju di Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo.

Menurut Puan, hal itu biasa lantaran setiap warga negara punya hak untuk ikut dalam kontestasi pemilu seperti pilwaklot, tak terkecuali Gibran.

“Semua orang punya berhak dan punya hak untuk bisa mencalonkan dirinya dalam Pilkada 2020,” ungkap Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Gibran Rakabuming

Meski demikian, Puan menegaskan PDI Perjuangan mempunyai mekanisme khusus dalam menyaring calon kepala daerah yang akan bertarung. Karenanya itu tak ada atensi khusus bagi Gibran meskipun berlatar belakang anak Presiden.

“PDIP kan punya mekanisme untuk bisa menjalankan mekanisme itu terlebih dahulu supaya proses-proses yang ada di lapangan bisa diikuti secara baik. Jadi ya monggo saja kalau mau mendaftar,” ucap Puan.

Mengenai ada anggapan terjunnya Gibran di dunia politik dapat menggerus citra Jokowi yang dinilai akan menghadirkan dinasti politik, Ketua DPR ini enggan menjawab.

“Jangan tanya ke saya, tanya ke bersangkutan, cita-citanya apa. Pasti semua orang mempunyai kemauan dan cita-cita. Ya kalau memang cita-citanya itu dianggap bisa memperbaiki Solo ya itu kan hak setiap warga negara,” kata Puan.

Baca Juga : Pengembang Apartemen Robinson yang Ada Kasino Adalah PT Putra Mas Simpati

Diketahui sebelumnya Gibran sendiri sudah mendaftar menjadi kader PDI Perjuangan. Meskipun peluang Gibran maju dalam Pilkada Kota Solo 2020 melalui PDI Perjuangan (PDIP) sepertinya kecil bisa terwujud. Pasalnya, partai besutan Megawati Soekarnoputri keukeuh mengusung Achmad Purnomo dan Teguh Prakoso sebagai calon wali kota dan calon wakil wali kota.

Sinyal yang diberikan PDIP tersebut mendorong munculnya sejumlah spanduk bergambar suami Selvi Ananda di beberapa sudut kota Solo. Spanduk tersebut bertuliskan "Gibran Rakabuming Raka Solo Masa Depan Kita".

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini