nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Miryam Berkelit saat Dicecar Jaksa KPK Soal Tekanan Perkara Korupsi e-KTP

Arie Dwi Satrio, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 14:32 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114750 miryam-berkelit-saat-dicecar-jaksa-kpk-soal-tekanan-perkara-korupsi-e-ktp-AvBKTXGGIm.jpg Foto Istimewa

JAKARTA - Mantan anggota Komisi II DPR, Miryam S Haryani banyak berkelit saat bersaksi di sidang lanjutan perkara dugaan merintangi, atau menghalang-halangi proses penyidikan perkara e-KTP untuk terdakwa Markus Nari.

Awalnya, Miryam mengakui bahwa pernah bertemu dengan Markus Nari. Namun, Miryam membantah ada pembahasan soal proses penyidikan kasus korupsi e-KTP dengan Markus Nari dalam pertemuan tersebut.

 Baca juga: Novel Baswedan Bersaksi di Persidangan Markus Nari

Mendengar pernyataan tersebut, Jaksa lantas mencecar soal waktu pertemuan antara Miryam dengan Markus Nari. Jaksa menelisik soal pertemuan Miryam dengan Markus Nari berkaitan dengan rentang waktu persidangan.

"Kedatangan terdakwa (Markus Nari) itu sebelum atau sesudah (Miryam) jadi saksi Irman?" tanya seorang Jaksa KPK di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Selasa (9/10/2019).

Menjawab pertanyaan Jaksa, Miryam mengaku lupa. Dia tidak mengingat kapan pertemuan itu berlangsung. "Lupa," singkat Miryam.

 Baca juga: KPK Selisik Aliran Dana Suap E-KTP lewat Setnov

Jawaban serupa diungkapkan Miryam saat tim Jaksa menggali ada tidaknya pertemuan antara dirinya dengan Markus Nari di kantor Advokat Elza Syarief. "Lupa," ujarnya.

Dalam perkara ini, Markus Nari didakwa merintangi penyidikan kasus dugaan korupsi proyek e-KTP. Jaksa KPK menyebut Markus sengaja mencegah atau merintangi Miryam S Haryani yang saat itu berstatus sebagai saksi dan Sugiharto yang kala itu berstatus sebagai terdakwa.

Selain itu, Markus didakwa memperkaya diri sendiri USD 1.400.000 dari proyek e-KTP. Perbuatan Markus juga memperkaya orang lain dan korporasi, akibatnya, negara mengalami kerugian Rp 2,3 miliar dari perbuatan Markus.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini