nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

JK: Kemiskinan Tak Bisa Ditanggulangi Hanya dengan Subsidi

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 14:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114735 jk-kemiskinan-tak-bisa-ditanggulangi-hanya-dengan-subsidi-PlCTL0n1lx.jpg Wapres Jusuf Kalla

JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menyatakan penangungalan kemiskinan di Indonesia tak bisa hanya dengan memberikan subsidi kepada masyarakat. Menurut dia, kemiskinan hanya bisa dihapuskan bila pemerintah berhasil mensejahterakan masyarakat.

"Jadi jangan berpikir menanggulangi kemiskinan itu hanya dengan memberikan subsidi, tidak! Itu hanya bagian dari suatu upaya," ujar JK saat menerima Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) di kantornya, Rabu (9/10/2019).

JK ingin program peningkatan kesejahteraan yang digagas pemerintah bisa disinergikan. Pasalnya, semakin meningkat kesejahteraan masyarakat meningkat maka persoalan kemiskinan semakin mudah dituntaskan.

"Begitu banyak kebijakan. Semua menteri tentu tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan kesejahteraan maknanya memulai penting. Jadi sama saja, meningkatkan kesejahteraan sama dengan menanggulangi kemiskinan," imbuh dia.

Ilustrasi

JK ingin semua program pemerintah bisa berjalan tepat sasaran. Sehingga, ia menekankan pentingnya sinergi mulai dari program dana desa, kesehatan, hingga program perekonomian yang digagas para menteri dan kepala lembaga negara di Kabinet Kerja.

Politisi senior Golkar itu menekankan bahwa masyarakat bisa didorong dengan mempunyai pendapatan yang tinggi dari pengeluarannya. Sehingga, bisa banyak mensejahterakan keluarga di Tanah Air.

"Kalau kita ingin lebih sejahtera maka pendapatan harus lebih tinggi dari pada pengeluaran. Karena itu caranya dua, meningkatan pendapatannya atau mengurangi pengeluarannya. Itu teori umum," imbuhnya.

Dirinya pun mendorong pemerintah tetap bisa memberikan jaminan kesehatan secara gratis bagi keluarga yang tidak mampu. Dengan begitu, bisa mengurangi pengeluaran supaya masyarakat dengan kelas ekonomi ke bawah bisa hidup sehat.

Baca Juga : Beri 14 Program ke Jokowi, Demokrat Siap jika AHY Masuk Kabinet Kerja

JK juga ingin kementerian terkait bisa memberikan subsidi beras guna bisa menekan pengeluaran keluarga miskin Indonesia. Selain itu, JK menilai, upah minimum rakyat (UMR) para buruh harus dinaikkan guna meningkatkan kesejahteraan buruh.

"Dengan memberikan subsidi dalam bentuk lain berarti meningkatkan pendapatannya. Nah dua hal ini saya rasa sederhana sebenarnya berjalan. Karena itu lah maka ini harus diformulasikan dalam bentuk kebijaksanaan bersama yang teratur," tandasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini