nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ada Jaminan Keamanan, Warga Mengaku Tak Khawatir Kembali ke Wamena

Edy Siswanto, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 13:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114694 ada-jaminan-keamanan-warga-mengaku-tak-khawatir-kembali-ke-wamena-VAh15Ya3zo.jpg Ratusan Warga yang Sempat Mengungsi di Lanud Silas Papare Jayapura Bersiap Kembali ke Wamena Naik Pesawat Hercules, Rabu (9/10/2019). (foto: Okezone/Edy Siswanto)

JAYAPURA - Situasi keamanan di Wamena, Papua dianggap telah kondusif. Seratusan orang pengungsi di Sentani dan Jayapura kembali ke Wamena.

Para pengungsi ini diberangkatkan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU sekitar pukul 10.15 WIT, dan dilepas langsung oleh Menko Polhukam Wiranto, dan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto, serta Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Baca Juga: Dilepas Wiranto, 106 Pengungsi Kembali ke Wamena 

Yotam Markus, salah seorang pengungsi yang memilih kembali ke Wamena karena adanya jaminan keamanan dari TNI-Polri. Termasuk untuk melanjutkan pendidikan anak-anaknya.

"Ya saya memilih kembali, karena semua disana aman, rumah dan kendaraan aman. Dan lagi, anak saya sekolah, jadi saya harus kembali membawa mereka bersekolah lagi," ungkap Yotam, Rabu (9/10/2019).

Menko Polhukam Wiranto Melepas 106 Warga di Lanud Silas Papare Jayapura untuk Kembali ke Wamena, Rabu (9/10/2019).(foto: Humas Polda Papua/Ist)	 

Olivia Febriana Manalu, pengungsi Wamena yang masih duduk dibangku sekolah dasar (SD) YPPK Wamena kelas IV ini mengaku dirinya sangat ini kembali ke Wamena untuk bersekolah.

"Karena sudah aman jadi kita kembali ke Wamena," ucapnya lirih.

Dia mengajak semua pelajar di Wamena, utamanya teman satu sekolah yang masih mengungsi untuk kembali ke Wamena ke bersekolah.

"Teman-teman, ayo kembali ke Wamena untuk sekolah. Wamena sudah aman loh," tuturnya.

Sementara Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto dalam kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih atas kepercayaan para pengungsi yang memilih kembali ke Wamena.

"Mereka percaya bahwa Wamena adalah tempat kehidupan mereka, mereka yakin keamanan memberikan jaminan keamanan kepada mereka, dan mereka yakin bahwa warga disana menjamin mereka untuk hidup berdampingan seperti semula," kata Wiranto.

Sedangkan, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahyanto mengaku sudah menyiapkan 3 (tiga) Pesawat Hercules dan Helikopter untuk pengungsi yang ingin kembali ke daerah asalnya, termasuk yang akan kembali ke Wamena.

"Yang jelas di Jayapura sendiri kita siapkan tiga Hercules untuk warga yang ingin kembali ke Wamena, termasuk Helikopter untuk pengungsi warga Ilaga dari Timika. Termasuk dari Merauke kita siapkan Hercules," ucap Hadi.

Baca Juga: TNI Kerahkan Hercules Bawa Pengungsi Kembali ke Wamena Papua 

Menko Polhukam Wiranto Melepas 106 Warga di Lanud Silas Papare Jayapura untuk Kembali ke Wamena, Rabu (9/10/2019).(foto: Humas Polda Papua/Ist)

Dia menjelaskan, bahwa pesawat dan hercules tersebut standby menunggu para warga pengungsi yang akan kembali. "Jadi di Lanud, dan Timika termasuk di Merauke. Alutsista kita siapkan untuk mengangkut para pengungsi" sambung dia.

Menyangkut kembalinya para warga eksodus, Panglima TNI mengaku jika dari pertemuan dengan para pengungsi dan tokoh -tokoh Papua diketahui bahwa banyak warga pengungsi yang ingin kembali ke daerah. Keinginan ini menyusul telah amannya wilayah itu. Pernyataan Panglima juga berdasar atas penyampaian Menko Polhukkam, Wiranto.

"Yang disampaikan bapak Menko benar bahwa karena daerah telah aman, maka masyarakat ingin kembali ke daerah asal seperti Wamena termasuk adanya permintaan penambahan pos yang disampaikan oleh tokoh masyarakat sehingga akan menjadi atensi panglima TNI dan Kapolri," urai Hadi.

Rombongan tiba di posko pengungsi di Gedung serbaguna Megantara Lanud Silas Papare, kemarin sore dan selanjutnya melakukan penerbangan ke Timika untuk melakukan rangkaian kegiatan di wilayah itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini