nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

TNI Kerahkan Hercules Bawa Pengungsi Kembali ke Wamena Papua

Qur'anul Hidayat, Jurnalis · Rabu 09 Oktober 2019 11:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 09 337 2114653 tni-kerahkan-hercules-bawa-pengungsi-kembali-ke-wamena-papua-qqYJVoyHLz.jpg Wiranto, Hadi Tjahjanto dan Nila Moeloek saat berada di Posko Lanud Siras Papare. (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA - Tentara Nasional Indonesia (TNI) terus mengerahkan pesawat Hercules dan helikopter untuk mendukung dan memfasilitasi seluruh pengungsi yang akan kembali ke wilayahnya masing-masing, khusunya di Wamena, Papua.

Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, di sela-sela mendampingi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto saat mengunjungi pengungsi di Posko Lanud Silas Papare, Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (9/10/2019)

Menurut Panglima TNI, saat ini kondisi keamanan di Wamena sudah mulai berangsur kondusif dan para pengungsi yang masih berada di Lanud Silas Papare berharap dapat kembali ke rumah tempat tinggalnya di Wamena. Untuk itu, TNI akan memfasilitasi para pengungsi yang akan kembali ke Wamena.

“Alutsista yang digunakan untuk mendukung pengungsi adalah Hercules C-130 dan helikopter milik TNI,” kata Hadi sebagaimana rilis tertulis dari Puspen TNI.

(Puspen TNI)

Hadi menuturkan bahwa, di Jayapura sendiri TNI akan menyiapkan tiga hercules yang digunakan untuk mengangkut pengungsi yang berada di Jayapura untuk kembali ke Wamena. “Untuk pengungsi yang berada di Ilaga akan kita gunakan helikopter, di mana nanti akan berangkat dari Timika. Sedangkan yang berada di Merauke akan kita dukung hercules untuk kembali ke Wamena,” ucapnya.

Dia juga menegaskan, TNI dan Polri akan terus menjaga stabilitas keamanan di wilayah Wamena, termasuk juga yang berada di Oksibil serta Ilaga, dengan melakukan penambahan pos pengamanan sesuai permintaan dari beberapa tokoh masyarakat.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini