nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Santunan Korban Crane Makkah Cair Rp86 Miliar, Menag: Ditangani Kemenlu

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 23:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114502 santunan-korban-crane-makkah-cair-rp86-miliar-menag-ditangani-kemenlu-gu22ltHTIM.jpg Tragedi Crane Makkah (Foto: Reuters)

JAKARTA - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel menyebutkan bahwa pemerintah Arab Saudi telah mencairkan dana santunan terhadap jamaah haji Indonesia yang menjadi korban kecelakaan ambruknya crane pada 2015.

Agus Maftuh menyampaikan bahwa dana yang telah dicairkan oleh pemerintah Arab Saudi sebesar Rp86 miliar, dan kini telah dikirimkan ke Jakarta melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementeriam Agama.

"(Dana santunan) crane itu sudah selesai Rp86 miliar sudah saya kirimkan ke Jakarta," ucap Agus Maftuh dalam acara Rakernas Evaluasi Penyelenggara Haji 2019 di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Selasa, (8/10/2019).

Crane
FOTO: Crane jatuh di Masjidil Haram (Reuters)

Baca Juga: Raja Salman Beri Cek Rp85 Miliar untuk Korban Crane Jatuh Lewat KBRI Riyadh

Lebih lanjut, Agus berharap, dana santunan yang diberikan oleh Pemerintah Arab Saudi dapat didistribusikan kepada para keluarga korban warga negara Indonesia tersebut.

"Mudah-mudahan selesai didistribusikan kepada yang berhak, alhamdulillah itu PR (pekerjaan rumah saya)," tambahnya.

Saat dikonfirmasi kepada Menteri Lukman Hakim Saifuddin, ia mengatakan bahwa masalah korban crane sudah sepenuhnya di tangani oleh Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Korban crane sepenuhnya ditangani oleh kemenlu, dana-dananya juga ada di sana, sehingga setiap keluarga korban crane secara langsung bisa menghubungi jajaran di Kemenlu itu, teknis ya sudah kita sosilisasikan," ujar Lukman Hakim Saifuddin.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini