nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Puan Maharani Janji DPR Tak Hanya Jadi Tukang Stempel Pemerintah

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 18:20 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114389 puan-maharani-janji-dpr-tak-hanya-jadi-tukang-stempel-pemerintah-ecyhqe968b.jpg Puan Maharani (Foto: Okezone)

JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menegaskan pihaknya akan bersinergi dengan pemerintah. Namun bukan berarti tak akan memberikan kritik terhadap pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam mengambil sebuah kebijakan.

Puan menjelaskan, nantinya lembaga DPR tidak hanya sekedar menyetujui keinginan pemerintah alias menjadi tukang stempel. Meskipun saat ini kursi pucuk pimpinan DPR diisi mayoritas parpol koalisi pemerintahan.

"Sinergi itu menurut saya antara Eksekutif dan Legislatif itu harus dilakukan untuk sebanyak-banyaknya untuk kepentingan bangsa dan negara. Namun bukan berarti kita itu kayak tukang stempel juga,” tegas Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10/2019).

Puan

Baca Juga: Pimpinan DPR Minta Semua Pihak Jaga Situasi Kondusif Pelantikan Presiden

Kata Puan, langkah sinergi yang diambil DPR dengan pemerintah adalah melakukan pengawasan. Apalagi para anggota DPR sudah mendapatkan amanah dari rakyat untuk mengkritik hingga mengawasi jalannya pemerintah.

“Kalau apa yang dilakukan eksekutif itu dengan apa namanya kepentingan rakyat, tentu saja DPR yang diwakili oleh partai politik tentu saja mengikuti kebijakan. Karena kita kan tugasnya pengawasan apa yang dilakukan pemerintah sehingga pemerintah tidak melenceng dari arah yang akan dilakukan kita sebagai anak bangsa ini,” ungkap Puan.

Karenanya Politikus PDI Perjuangan itu meminta kepada anggota DPR RI periode 2019-2024, dalam memberikan ktitik terhadap pemerintah harus dilandasi dengan solusinya agar bisa dilaksanakan oleh pemerintah.

"Jadi kita teriak-teriak pun harus memberikan solusi bagi pemerintah. Sehingga, pemerintah bisa menjalankan apa yang ingin kita jalankan," tandas Puan.

(edi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini