nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Siapkan Dokter Tangani Kesehatan Tersangka Pengibar Bendera Bintang Kejora

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 18:09 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114383 polisi-siapkan-dokter-tangani-kesehatan-tersangka-pengibar-bendera-bintang-kejora-2Sb3Q153jW.jpg Kabid Humas Polda Metro Kombes Argo Yuwono (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kondisi salah satu tersangka pengibaran Bendera Bintang Kejora, di depan Istana Negara, Surya Anta Ginting dikabarkan memperihatinkan selama mendekam di rumah tahanan Mako Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat.

Surya disebut mengalami sakit peradangan pada bagian telinga dan mengalami tuli sementara.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan pihaknya telah menyediakan dokter bagi para tahanan. Ia mengklaim jika ada dokter tersebut telah melakukan pengecekan rutin terhadap setiap tahanan.

"Di Mako Brimob ada dokter yang setiap hari mengecek. Jadi setiap tahanan yang ada di Mako Brimob dan PMJ ada dokter yang mengecek," kata Argo di Apartemen Robinson, Penjagalan, Jakarta Utara, Selasa (8/10/2019).

Ilustrasi

Menurut Argo, apabila salah satu tersangka seperti Surya Anta dan tahanan lainnya memiliki keluhan petugas akan melakukan pengecekan. Bahkan tidak menutup mereka yang sakit dirujuk ke Rumah Sakit Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur.

"Misalnya dia ada keluhan apa, tentu akan mengecek. Misalnya nanti memang harus dirujuk, kita akan rujuk ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati," tuturnya.

Sementara itu secara terpisah, Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes (Pol) Asep Adi Saputra mengatakan, penanganan terhadap orang dalam posisi ditahan sudah menjadi kewajiban petugas, hal itu sudah diatur dalam UU.

Asep membenarkan bahwa ada informasi mengenai Surya Anta Ginting yang tengah mengalami kondisi sakit. Namun menurutnya Surya sudah diberikan pengobatan.

"Untuk saudara Anta tadi sendiri informasi yang saya dapat beberapa waktu lalu yang bersangkutan memang sakit dan sudah diobati oleh tim dokter kesehatan polri, dan sampai hari ini tim dokkes kita bisa utk menangani keluhan-keluhan tersebut," tuturnya.

Baca Juga : 10 Hal Ini Berpotensi Terjadi jika Jokowi Tak Terbitkan Perppu KPK

Awalnya kabar mengenai Surya Anta sakit dikabarkan oleh Pendeta Suarbudaya Rahadian. Ia mengataka. bahwa enam tersangka dugaan makar karena mengibarkan bendera Bintang Kejora di Istana Negara itu dalam kondisi memprihatinkan.

Dia menyebut, kondisi Surya Anta Ginting, salah satu tersangka mengalami peradangan pada bagian telinga. Bahkan, dari kondisi itu mengakibatkan Surya Anta kurang bisa mendengar atau tuli sementara.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini