nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polisi Selidiki Penyebab Kebakaran di Kawah Putih

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 16:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114350 polisi-selidiki-penyebab-kebakaran-di-kawah-putih-u0equgi030.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan (foto: Ist)

BANDUNG - Pihak kepolisian sedang melakukan penyelidikan terkait kebakaran yang terjadi di kawasan wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Hal itu dilakukan untuk mengetahui penyebab kebakaran.

"Dalam hal ini kepolisian khususnya dari Polda Jabar dan Polres Soreang atau Polres Bandung sudah melakukan langkah ke TKP (tempat kejadian perkara)," kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko saat ditemui di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno Hatta, Kota Bandung, Selasa (8/10/2019).

Baca Juga: Api di Kawah Putih dan Puncak Gunung Puntang Masih Menyala 

Truno menuturkan, kebakaran yang terjadi di kawasan wisata Kawah Putih terdapat dua kemungkinan. Di antaranya faktor alam, karena kontur hutan maka dengan musim kemarau ini banyak potensial bahan yang mudah terbakar seperti alang-alang atau rumput yang mudah terbakar. Kemudian, faktor cuaca yang memang betul-betul panas dan kemarau.

Ilustrasi Kebakaran Hutan (foto: Ist) 

Faktor kedua ini masih dalam proses penyelidikan, yakni faktor kemungkinan dari manusia. Maka dari itu, pihaknya akan melakukan pendalaman apakah sengaja atau tidak sengaja kejadian kebakaran tersebut.

"Maka dari itu, kita melakukan pendalaman apakah sengaja atau tidak sengaja. Sengaja berarti jelas ada orang yang melakukan pembakaran, namun faktor lain ketidaksengajaan," ucapnya.

Sementara langkah yang sudah dilakukan jajaran Polres Bandung dengan Polsek jajaran berkoordinasi dengan pengelola tempat wisata, perhutanan, dan BPBD, adalah melakukan pemadaman serta penyekatan api.

"Terkait evakuasi, sejauh ini belum ada. Namun dari wilayah akan bentuk posko untuk penanggulangan khsusunya kebakaran," tuturnya.

Sedangkan, terkait kebakaran di kawasan wisata Bandung Selatan, Kawah Putih, Kabupaten Bandung, pihak kepolisian juga telah membuat posko penanganan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di lokasi kejadian. Posko tersebut menjadi posko terpadu yang menampung informasi dan penanganan.

"Kita juga membuat 10 pos pantau titik api, yang setiap pos 11 personel gabungan untuk memantau api dan melakukan pemadaman manual," ujar Trunoyudo.

Kemudian, pihaknya sudah menugaskan 125 personel Polri dalam penanganan karhutla tersebut, dengan total 285 personel gabungan.

Guna mengantisipasi agar kebakaran tidak meluas, pihaknya bersama TNI, BPBD, pecinta alam dan masyarakat sudah melakukan lokalisir api. "Membantu petugas damkar untuk mencapai titik api guna melakukan pemadaman dan pendinginan areal yang terbakar dan pendinginan areal yang belum terbakar," sambungnya.

Selain itu, kepolisian juga bersama dengan Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) melaksanakan rapat untuk meminta bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk meminta pemadaman melalui helikopter.

Baca Juga: Riau Kembali Diserang Kebakaran Hutan, Warga Was-Was 

Seperti diketahui kawasan wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, terbakar pada Senin 7 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Kondisi terkini, sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan luas lahan terbakar mencapai kurang lebih 15 hektare. Api menghanguskan pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang di kawasan wisata Bandung Selatan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini