nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Polri Mengaku Kesulitan Tangani Karhutla karena Tak Ada Anggaran Khusus

Muhamad Rizky, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 16:02 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114327 polri-mengaku-kesulitan-tangani-karhutla-karena-tak-ada-anggaran-khusus-gAAZbqGmVb.jpg FGD Humas Polri tentang kebakaran hutan (Foto : Okezone.com/ Rizky)

JAKARTA - Divisi Humas Mabes Polri menggelar acara focus group discussion (FGD) terkait pencegahan dan penanggulangan terhadap bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Acara itu dilaksanakan di Ballroom Hotel Cosmo Amarossa, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).

Kepala Biro PID Divisi Humas Polri Brigjen Pol Syahar Diantono mengatakan, bahwa pihaknya sudah sangat intens berdiskusi dalam rangka antisipasi karhutla di Indonesia. Meski begitu Polri sendiri sebetulnya tidak memiliki anggaran khusus untuk mengatasi karhutla tersebut.

"Tadi kami sudah berbincang mengenai upaya Polri untuk melakukan penanggulangan karhutla. Polri tidak ada anggaran khusus untuk (menangani) karhutla," kata Syahar saat memberikan sambutan diacara tersebut.

Ilustrasi

Syahar mengakui bahwa pihaknya merasa kesulitan dengan tidak adanya anggaran tersebut, untuk itu ia berharap agar ada anggaran dan unit khusus untuk mengatasi dan mengantisipasi karhutla.

"Ini (anggaran) bisa di diskusikan atau diusulkan di Baharkam itu (agar) ada unit khusus untuk menangani karhutla karena setiap tahun terus terjadi. Mungkin dalam FGD ini rekomendasi yang dihasilkan bisa ditindaklanjuti," terangnya.

Sementara itu Kasubdit II Dirtipideksus Bareskrim Polri Kombes Pol Ikhsan menuturkan bahwa meski tidak ada anggaran khsusu, namun menurutnya penanganan karhutla 2019 lebih baik jika dibanding 2015 dan 2016.

"Jadi penanganan tahun ini jauh lebih baik dari 2015 atau 2016. Sebetulnya distruktur Polri tidak ada satu pun struktur yang terhubung dengan karhutla, kemudian anggaran berbasis karhutla tidak ada secara langsung," katanya.

Baca Juga : Puan dan Kawan-Kawan Keliling Gedung DPR, dari Ruang Wartawan hingga Kantin

Ia berharap agar ke depan ada anggaran khusus untuk Polri dalam rangka penanganan dan pencegahan bencana karhutla.

"Apalagi pimpinan negara sudah memberikan pressure kepada TNI Polri jadi kami harap ada satu direktorat di Polri mungkin di Baharkam, direktorat karhutla yang fokus untuk konsen menangani karhutla dari pencegahan, pemadaman, penegakkan hukum dan mitigasi," tukasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini