nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Desrizal Pengacara Tomy Winata Didakwa Aniaya Hakim PN Jakpus

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 13:36 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114239 desrizal-pengacara-tomy-winata-didakwa-aniaya-hakim-pn-jakpus-bpATQ2jO3D.jpeg Sidang perdana Desrizal Chaniago, pengacara Tomy Winata, di PN Jakarta Pusat (Okezone.com/Achmad Fardiansyah)

JAKARTA – Pengacara Tomy Winata (TW), Desrizal Chaniago menjalani sidang perdana kasus pemukulan terhadap hakim Sunarso dan Duta Baskara di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (8/10/2019). Desrizal didakwa menganiaya dan menyerang pejabat yang sedang bertugas.

Sidang perdana yang dipimpin Saifuddin Zuhri beragendakan pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Selain Desrizal, hadir dalam sidang tersebut korban Sunarso dan Duta Baskara. Keduanya merupakan hakim PN Jakarta Pusat.

Baca juga: Pengacaranya Pukul Hakim, Tomy Winata Minta Maaf

JPU P. Permana dalam dakwaannya menyebutkan, penganiayaan dilakukan Desrizal terjadi di ruang sidang PN Jakarta Pusat, pada Kamis 18 Juli 2019.

Saat itu, Desrizal menghadiri sidang pembacaan putusan gugatan perdata yang diajukan Tomy Winata melalui kuasa hukumnya. Sidang dipimpin oleh Sunarso dan Duta Baskara salah satu hakim anggota.Pengacara TW serang hakim

Potongan video Desrizal mengamuk di ruang sidang PN Jakarta Pusat (Istimewa)

Desrizal selaku kuasa hukum Tomy Winata saat itu duduk di meja penggugat, mendengar amar putusan majelis hakim yang diketuai Sunarso.

“Terdakwa duduk di kursi bersama dengan saksi Budi Rahmat Iskandar, dan Eki Rizki di meja penggugat dalam ruang sidang," kata Permana saat membacakan surat dakwaan.

 Baca juga: Pengacara Tomy Winata Menyesal Pukul Hakim, PN Jakpus: Hukum Tetap Berjalan

Karena pertimbangan putusan majelis hakim tak sesuai harapannya, Desrizal lalu mengamuk di ruang sidang dengan melepaskan ikat pinggang atau gesper yang dikenakannya kemudian menyerang Sunarso dan Duta Baskara.

"Ikat pinggang tersebut dilipat dan dipegang oleh terdakwa lalu terdakwa berjalan cepat mendekati meja majelis hakim serta mendekati posisi arah duduknya saksi Sunarso," ujar Permana.

Desrizal langsung mengayunkan ikat pinggangnya hingga mengenai dahi kiri Sunarso. Setelah memukul Sunarso, Desrizal menghampiri Duta Baskara kemudian memukulnya. Namun Baskara mampu menangkis dua kali pecutan Desrizal.

Desrizal kemudian langsung ditenangkan oleh para pengunjung sidang. "Diamankan dan dibawa ke luar ruang sidang Sobekti 2," tutur Permana.

Sunarso dan Baskara kemudian melaporkan Desrizal ke Polres Metro Jakarta Pusat. Sunarso yang mengalami luka di dahi menjalani visum di Rumah Sakit Hermina, Jakarta.

JPU mendakwa Desrizal melanggal Pasal 351 Ayat 1 KUHP tentang penganiayaan dan Pasal 212 KUHP tentang penyerangan terhadap pejabat sedang melaksanakan tugas yang sah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini