nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemerintah Salurkan Rp1,9 Triliun untuk Penanganan Gempa Palu

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 13:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114224 pemerintah-salurkan-rp1-9-triliun-untuk-penanganan-gempa-palu-9nfXVpKk9C.jpg Kepala BNPB, Doni Monardo. (Foto : Dok BNPB)

JAKARTA – Pemerintah sudah menyalurkan bantuan sebesar Rp1,9 triliun untuk korban gempa dan tsunami Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). Bantuan tersebut diharapkan bisa membangun kembali hunian untuk para korban bencana alam tersebut.

"Saya laporkan kepada Presiden sehubungan dengan kegiatan di Palu. Pertama, pagi ini di-TTD bantuan hibah daerah dari Kemenkeu kepada 3 bupati dan satu wali kota senilai Rp1,9 triliun. Dana ini diharapkan dalam waktu 7 hari kerja sudah masuk ke rekening kas daerah," ujar Kepala BNPB, Letjen TNI Doni Monardo di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (8/11/2019).

Doni berharap, usai dana bantuan masuk ke kas daerah bisa segera dibagikan kepada para korban bencana gempa dan tsunami Palu tersebut. Adapun rumah yang mengalami rusak berat diberi bantuan Rp50 juta, sedang Rp25 juta, hingga ringan Rp10 juta.

"Baik yang rumah berat sedang ringan masing-masing Rp50, Rp25, dan Rp10 juta," ucapnya.

Kondisi Pasca-Likuefaksi di Balaroa, Palu, Sulteng (foto: Herman A/Okezone)

Doni menjelaskan, terdapat 11.643 unit rumah yang harus direlokasi setelah adanya gempa dan tsunami di Sulteng. Namun, khusus relokasi masih ada persoalan lantaran pemerintah membutuhkan lahan 15 hektare.

"Namun atas perintah Wapres segera dituntaskan terkait masalah lahan, kekurangan lahan 15 hektare," ujarnya.


Baca Juga : Jokowi Pantau Program Penanganan Bencana Alam dan Kerusuhan Wamena

Menurut Doni, penanganan bencana alam Sulteng akan mencotoh pola penanganan peristiwa gempa yang ada di NTB. Nantinya, sambung dia, pembangunan rumah akan melibatkan unsur TNI-Polri.

"Arahan wapres, supaya polanya mengikuti pola NTB, libatkan unsur TNI Polri," tuturnya.


Baca Juga : Pelecehan Seksual Anak Korban Gempa & Tsunami Palu, Diintip saat Mandi hingga Percobaan Pemerkosaan

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini