nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Api di Kawah Putih dan Puncak Gunung Puntang Masih Menyala

CDB Yudistira, Jurnalis · Selasa 08 Oktober 2019 10:42 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 08 337 2114161 api-di-kawah-putih-dan-puncak-gunung-puntang-masih-menyala-i5g3NUHrHn.jpg Ilustrasi Kebakaran Hutan dan Lahan (foto: Ist)

BANDUNG - Kawasan wisata Kawah Putih Gunung Patuha, Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, terbakar pada Senin 7 Oktober 2019 sekitar pukul 14.00 WIB. Kondisi terkini, sampai dengan pukul 03.00 WIB, api masih menyala.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jabar Budi Budiman mengatakan luas lahan terbakar mencapai kurang lebih 15 hektare. Api menghanguskan pohon cantigi, pakis andam, dan alang-alang di kawasan wisata Bandung Selatan.

Baca Juga: Riau Kembali Diserang Kebakaran Hutan, Warga Was-Was 

"Tim sudah turun, langkah sementara selain pemadaman kita lakukan pembuatan parit," kata Budi saat dihubungi, Selasa (8/9/2019).

Ilustrasi Kebakaran Hutan (foto: Ist) 

Pembuatan parit, kata Budi, untuk menyekat api agar tidak merambat. Penanganan kebakaran ini pun melibatkan Polres Bandung, TNI, Perhutani, dinas pemadam kebakaran, pengelola objek wisata Kawah Putih, masyarakat sekitar, dan relawan pegiat kebencanaan.

Dalam kebakaran ini diketahui pihak pengelola tidak melakukan penutupan terhadap kawasan tersebut. Belum dapat diketahui juga apa penyebab kebakaran tersebut.

Sementara kebakaran hutan dan lahan juga terjadi kawasan Petak 31A, Puncak Mega, Gunung Puntang.

Baca Juga: 64 Perusahaan Disegel Akibat Karhutla, Ada yang Punya Malaysia & Singapura 

Lahan seluas 26 hektare ludes terbakar dilalap si jago merah. Api menghanguskan pohon pinus, rancamala, manglid, alpukat, dan alang-alang yang tumbuh di kawasan itu.

Untuk mengatasi kebakaran di kawasan ini, semua unsur dilibatkan. BPBD Kabupaten Bandung dan BPBD Provinsi Jawa Barat, Perhutani, Kepolisian dan TNI serta penggiat lingkungan.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini