nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhan Kabinet Jokowi-Ma'ruf Harus Diisi Sosok Pemersatu

Achmad Fardiansyah , Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 22:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 07 337 2114059 menhan-kabinet-jokowi-ma-ruf-harus-diisi-sosok-pemersatu-8Gw1eUH81C.jpg Jokowi-Ma'ruf Amin (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menggodok nama menteri untuk Kabinet Kerja jilid II. Sejumlah nama baru dan lama baik dari koalisi, bahkan oposisi rumornya bakal kebagian jatah.

Forum Rekonsiliasi Masyarakat (Rekat), Eka Gumilar ikut menyoroti nama-nama kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin. Menurutnya, salah satu menteri yang masih layak untuk dipertahankan adalah Ryamizard Ryacudu. Ia menilai, posisi Menteri Pertahanan (Menhan) harus diisi oleh sosok pemersatu, yang diterima semua pihak, baik pendukung pemerintah maupun oposisi.

Eka menyarankan Jokowi mempertahankan Ryamizard karena Indonesia membutuhkan sosok Ryamizard di tengah potensi ancaman disintegrasi bangsa.

"Pak Ryamizard kan punya pengalaman. Beliau dekat dengan semua kolompok masyarakat. Makanya, kami usulkan Pak Ryamizard dipertahankan sebagai Menhan sama Pak Jokowi," ujar Eka dalam keterangannya, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Baca Juga: Jokowi Diharapkan Pilih Menteri yang Detail soal Tugas

Ryamizard

Eka memaparkan ada lima alasan yang mendasarinya menyarankan hal tersebut. Pertama, sumber pertahanan negara saat ini adalah persatuan. Ryamizard mampu mengisinya sebagai sosok pemersatu yang diterima semua pihak, baik pendukung pemerintah maupun oposisi.

Kedua, Ryamizard selama ini konsisten merangkul tokoh lintas agama, budaya, dan adat se-Indonesia dari Aceh hingga Papua. Di tengah Negara yang sedang menghadapi masalah di sejumlah daerah yang rawan disintegrasi bangsa, sosok Ryamizard dibutuhkan.

Ketiga, Ryamizard cukup dekat dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto, selain karena satu angkatan di TNI. Kedekatan itu bisa efektif untuk merangkul Gerindra sebagai oposisi pemerintah.

Baca Juga: Sekjen Gerindra : Memang Ada Tawaran Menteri, Tidak Dapat Dipungkiri

Keempat, Ryamizard dekat dengan keluarga proklamator Bung Karno, bahkan cukup akrab dengan Megawati Soekarnoputri mulai sejak kecil. Integritasnya ke PDIP sebagai partai pengusung Jokowi-Ma'ruf tak perlu diragukan lagi.

Terakhir, Ryamizard di mata tokoh agama, budaya, dan adat se-Indonesia dipandang sebagai bapak yang menaungi semua perbedaan. Ia kerap membantu untuk terciptanya Indonesia aman, sejuk dan damai.

Dari lima alasan itu ditekankan Eka, kalau kekuatan Indonesia bukan pada canggihnya alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan personel TNI. Namun, Indonesia bisa menjadi kondusif, aman, nyaman, damai bila semua pihak bergandengan tangan menjaga persatuan dan mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila.

"Dan yang bisa mempersatukan antar-kolompok dan golongan itu menurut saya ada pada sosok Pak Ryamizard," tuturnya.

Kendati demikian, Eka menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi sebagai pemegang hak prerogatif. "Kita hanya menyarankan agar Pak Jokowi tidak salah memilih pembantunya. Itu saja," kata Eka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini