nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Plt Menkumham Pastikan Pemilu 2019 Berjalan Lancar dan Sukses

Fakhrizal Fakhri , Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 17:45 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 337 2113941 plt-menkumham-pastikan-pemilu-2019-berjalan-lancar-dan-sukses-ftvPt0goL4.jpg Tjahjo Kumolo (Foto: Okezone/Fahreza)

JAKARTA - Tjahjo Kumolo menjadi Inspektur Upacara (Irup) usai ditunjuk menjabat Plt Menkumham menggantikan Yasonna H. Laoly di Kantor Kemenkumham, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Dalam kesempatan itu, Tjahjo menyampaikan arahannya bahwa Oktober merupakan bulan yang memasuki triwulan keempat di tahun 2019, dan mengalami dinamika politik dan birokrasi yang berkembang pesat dan positif.

"Tahun ini, Pemilu dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Pelantikan para wakil rakyat yang duduk di DPR/DPRD Provinsi dan Kabupaten, juga berjalan lancar dan sukses," ujar Tjahjo.

Tjahjo membenarkan bahwa terdapat beberapa riak-riak kecil yang terjadi dalam perjalanan politik tahun 2019. Akan tetapi, menutut dia, hal itu bukanlah suatu hambatan melainkan menjadi bagian dari proses dinamika politik yang akan mendewasakan bangsa Indonesia dalam menghadapi perkembangan politik dan sosial budaya di masa yang akan datang.

Tjahjo Kumolo

Baca Juga: Tjahjo Ingatkan Jajaran Kemenkumham Waspadai Area Rawan Korupsi & Hoaks

Tjahjo yang juga Mendagri itu menekankan bahwa 2019 merupakan tahun terakhir RPJMN 2015-2019, dan menjadi tahun persiapan untuk RPJMN 2020-2024. Ia pun meminta ASN Kemenkumham harus tetap menjalankan tugas fungsi secara on the track sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Melihat dinamika politik yang berkembang saat ini, sebagai ASN Kemenkumham dan sebagai pelayan masyarakat, Saudara harus tetap netral. Jangan terpancing hoax, apalagi ikut menyebarkan hoax yang belum pasti kebenarannya," imbuh dia.

Menurut Tjahjo, sebagai ASN para pegawai di Kemenkumham itu juga bertanggung jawab untuk menjaga stabilitas keamanan negara. Dengan begitu, ia meminta peningkatkan semangat persatuan di antara ASN Kemenkumham.

"Selalu berkoordinasi dan berkolaborasi positif baik di internal maupun eksternal. Ciptakan semangat kegotongroyongan dalam menyelesaikan setiap permasalahan," tutur dia.

Tjahjo juga ingin seluruh ASN Kemenkumham periksa kembali realisasi kinerja dan realisasi anggaran dalam triwulan keempat pada 2019 ini. Ia juga meminta ASN Kemenkumham melakukan percepatan pelaksanaan tugas dan fungsi secara berintegritas, dengan tetap memperhatikan akuntabilitas dan memberikan kinerja terbaik kepada publik dan stakeholder.

"Mempedomani tata nilai Pasti, yang mampu membuktikan bahwa memang jajaran Kementerian Hukum dan HAM bekerja secara Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovatif," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini