Jokowi Ajak PM Belanda Tingkatkan Kemitraan di Bidang Kemaritiman

Fakhrizal Fakhri , Okezone · Senin 07 Oktober 2019 14:43 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 07 337 2113847 jokowi-ajak-pm-belanda-tingkatkan-kemitraan-di-bidang-kemaritiman-54oGY8pdjE.jpg Jokowi saan menerima kunjungan dari PM Belanda Mark Rutte. (Foto: Fakhrizal Fakhri/Okezone)

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak Perdana Menteri (PM) Belanda Mark Rutte meningkatkan kerja sama kedua negara di bidang kemaritiman.

Jokowi menerima Rutte di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (7/10/2019). Keduanya sepakat menjajaki untuk memperkuat kerja sama investasi.

"Dan di bidang investasi saya mengajak Belanda untuk meningkatkan kemitraan di bidang infrastruktur maritim dan pengelolaan air," ujar Jokowi.

Jokowi mengapresiasi kerja sama yang baru saja ditandatangani oleh Indonesia dan Belanda di New York pada 26 September 2019. Kerja sama itu terkait pengembangan kapasitas petani kecil sawit untuk menghasilkan kepala sawit yang lestari.

Foto: Fakhrizal/Okezone

Kepala Negara menyampaikan ke PM Rutte bahwa lima tahun ke depan pemerintah akan memberikan prioritas pada pengembangan sumber daya manusia (SDM). Ia pun menginginkan Indonesia-Belanda menjejaki kerja sama bidang pendidikan terutama pendidikan vokasi.

"Dan dalam pertemuan kita juga membahas upaya dengan meningkatkan kerja sama di bidang vokasi termasuk di bidang kemaritiman dan keperawatan," lanjutnya.

"Sebagai penutup saya berikan apresiasi kepada pemerintah Belanda yang secara konsisten tegas menghormati kedaulatan negara Republik Indonesia," pungkas dia.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini