nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendagri: Pemerintahan di Wamena Sudah Berjalan Walaupun Belum Maksimal

Fahreza Rizky, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 12:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 07 337 2113778 mendagri-pemerintahan-di-wamena-sudah-berjalan-walaupun-belum-maksimal-JDrmzHgMzP.jpg Mendagri Tjahjo Kumolo. (Foto: Dok Puspen Kemendagri)

JAKARTA – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan tata kelola pemerintahan di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, sudah berjalan usai terjadi kerusuhan, meskipun belum maksimal. Ia mengatakan, pelayanan pemerintahan untuk sementara masih meminjam kantor Kodim TNI setempat.

"Kemudian tata kelola pemerintahan, walaupun masih meminjam kantor Kodim, juga pelayanan masyarakat jalan, walaupun belum maksimal," kata Tjahjo ketika berada di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Siswa dan Guru di Wamena Mulai Masuk Sekolah, Diawali Bersih-Bersih 

Pelaksana tugas Menteri Hukum dan HAM ini menerangkan, situasi di Wamena terbilang sudah aman. Bahkan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto beserta Kapolri Jenderal Tito Karnavian hari ini terbang ke Wamena untuk memastikan situasi di sana.

Situasi kondusif di Wamena. (Foto: Ist)

"Secara prinsip kondisi stabilitas nasional dan daerah di Wamena aman. Hari ini Panglima dan Kapolri memastikan ke sana," terang Tjahjo.

Baca juga: Polri Pastikan Situasi Wamena Sudah Kondusif Pasca-Kerusuhan 

Dia menuturkan, bila ada warga dari Wamena yang ingin kembali ke daerah asalnya, pihaknya tidak ada masalah. Pasalnya setiap warga berhak tinggal di seluruh wilayah Indonesia dan mencari nafkah.

"Saya kira kalau toh warga yang mau kembali ke asalnya dan ada beberapa gubernur yang mau fasilitasi, enggak ada masalah. Apa pun setiap warga negara memiliki hak untuk dia tinggal di mana, mencari nafkah di mana dari Sabang-Merauke. Nanti saya kira isu itu, isu warga pendatang sudah tidak ada," jelas Tjahjo.

(han)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini