nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siswa dan Guru di Wamena Mulai Masuk Sekolah, Diawali Bersih-Bersih

Edy Siswanto, Jurnalis · Senin 07 Oktober 2019 10:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 07 337 2113716 siswa-dan-guru-di-wamena-mulai-masuk-sekolah-diawali-bersih-bersih-aHH7AB8Tu3.jpg Siswa-siswi di Wamena melakukan bersih-bersih sekolah pascalibur dampak kerusuhan. (Foto: Pendam XVII/Cenderawasih)

JAYAPURA – Usai diliburkan akibat terjadinya demonstrasi berujung anarkis hingga jatuh korban jiwa dan harta benda pada Senin 23 Agustus 2019, hari ini sekolah-sekolah dari semua tingkatan di Wamena mulai masuk kembali.

Meski belum melaksanakan kegiatan belajar-mengajar sebagaimana mestinya, banyak siswa sudah hadir. Hal ini sebagaimana terlihat di SMA Negeri 1 Wamena dan SD Negeri Wamena.

Baca juga: Hari Ini Aktivitas Perkantoran dan Sekolah di Wamena Mulai Normal 

Dewi Puspita Sari Rumbiak bersama Anggie Matuan, siswi SMAN 1 Wamena, berharap kotanya segera pulih seperti semula dan aktivitas pendidikan bisa berjalan normal lagi. Keduanya meminta para pelajar yang masih mengungsi untuk kembali ke Wamena dan belajar seperti sedia kala.

Situasi di Wamena pasca-kerusuhan. (Foto: Ist)

"Ya saya sangat senang bisa sekolah lagi. Saya harap teman-teman yang masih mengungsi untuk kembali sekolah. Kita adalah masa depan bangsa ini," kata Dewi Puspita Sari Rumbiak, Senin (7/10/2019).

Baca juga: Kapolda Papua Imbau Warga agar Kembali ke Rumah Masing-Masing 

Mereka berharap ke depannya tidak ada lagi kerusuhan yang bisa menghancurkan semua lini kehidupan, termasuk dunia pendidikan.

"Karena akan membuat trauma yang panjang. Kami siswa sekolah ini berharap tidak ada lagi kerusuhan."

Sementara Dorteus Wetipo, guru ekonomi SMAN 1 Wamena, juga berharap semua tenaga pendidik bisa kembali ke Wamena dan mengajar seperti biasa, terlebih sudah ada jaminan keamanan dari aparat.

"Sudah aman. Yang bikin ramai kan ini berita-berita yang tidak benar. Sebetulnya setelah hari kejadian itu, keadaannya tidak terlalu parah. Harapan saya untuk guru-guru bisa kembali melaksanakan tugas," ucapnya.

Baca juga: Tim Kesehatan Satgas TMMD Merauke Bergerak Obati Warga 

Ia juga berharap siswa yang mengungsi ke luar Wamena bisa kembali dan melanjutkan sekolah. "Saya harap semua bisa kembali. Sebagian guru ada di sini. Sekitar 34 dari 52 guru. Jadi mari kembali belajar dan bersekolah seperti biasa," ucapnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, semua siswa dan guru di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, pada hari ini masih melakukan pembersihan puing-puing dampak kerusuhan.

Semua pihak berharap Wamena segera pulih dan semua sektor bisa berjalan seperti semula.

Baca juga: Polri Pastikan Situasi Wamena Sudah Kondusif Pasca-Kerusuhan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini