Jamin Keamanan Wamena, Kapolda Papua Imbau Pengungsi Kembali ke Rumah

Sabtu 05 Oktober 2019 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 05 337 2113298 jamin-keamanan-wamena-kapolda-papua-imbau-pengungsi-kembali-ke-rumah-wZOklSJ1Hf.JPG Kapolda Papua, Irjen Pol Paulus Waterpauw (Foto: Okezone/Salman Mardira)

JAYAPURA – Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyatakan bahwa kasus kerusuhan di Kota Wamena, Kabupaten Jayawijaya, beberapa waktu lalu bukanlah kasus bernuansa suku, ras dan agama (SARA).

Kerusuhan yang menyebabkan korban jiwa dan banyak kerusakan itu kata dia, merupakan kasus insidental oleh sekelompok masyarakat.

Oleh karenanya, ia mengimbau kepada para warga yang berada di pengungsian agar segera kembali ke Wamena. Kapolda juga mengajak warga mulai menata kembali kehidupan seperti sebelumnya.

“Kami ada dan akan selalu mengamankan masyarakat dari berbagai gangguan yang terjadi,” kata Kapolda, melansir dari iNews.id, Sabtu (5/10/2019).

Menurutnya, aparat keamanan akan membantu bilamana ada pengungsi yang saat ini ditampung di berbagai penampungan di kabupaten dan kota Jayapura, hendak kembali ke Wamena.

Saat ini kata dia, Karo Ops dan Dansat Brimob Polda Papua telah berada di Wamena untuk mengatur penempatan pasukan yang bertugas di kawasan itu. Kapolda kembali mengingatkan kepada warga untuk tidak mudah percaya berita hoaks yang disampaikan kelompok tertentu.

“Bila ada berita-berita yang meresahkan jangan langsung percaya,” tegasnya.

Ia menambahkan, kondisi di Wamena saat ini sudah mulai kondusif dan aktivitas masyarakat pun berangsur pulih. Secara perlahan perekonomian di Wamena juga berangsur normal.

“Masyarakat pun mulai membersihkan puing-puing bekas kebakaran,” tandasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini