Gatot Nurmantyo Minta TNI-Polri Tetap Jaga Soliditas

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 05 Oktober 2019 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 05 337 2113294 gatot-nurmantyo-minta-tni-polri-tetap-jaga-soliditas-hWVOHx55LX.jpg Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo (foto: Sindo)

JAKARTA - Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo meminta agar TNI dan Polri tetap menjaga soliditas. Apalagi jangan sampai dibenturkan oleh pihak-pihak tertentu.

Gatot berujar, Polri adalah tangan kanan Presiden dalam kondisi tertib sipil, sementara TNI tangan kirinya Presiden. Apabila dalam kondisi militer maka akan sebaliknya TNI merupakan tangan kanan Presiden.

"Tetapi dalam kondisi darurat, TNI adalah tangan kanan presiden. Dan Polri tangan kiri Presiden," ungkap Gatot di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

 Baca juga: Prabowo: Dirgahayu Tentara Nasional Indonesia ke-74

Baca juga: Di HUT ke-74 TNI, Jokowi Sebut Anggaran Pertahanan Bakal Ditingkatkan

Menurut Gatot, tugas TNI dan Polri sangat mempunyai peran penting bangsa Indonesia. Karenanya dia harap soliditas antara kedua lembaga tersebut tetap terjaga. Apalagi jangan mau terprovokasi ataupun dibenturkan oleh pihak tidak bertanggungjawa. Sebab dengan begitu presiden akan kehilangan kedua tangannya.

“Jadi dua-duanya memiliki peran penting bagi berbangsa dan bernegara, dan jangan mau dibenturkan. Kalau dibenturkan maka presiden akan kehilangan kedua tangannya,” ujar Gatot.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini