nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hendropriyono: Polisi Jangan Ragu Tangkap Dalang Kerusuhan

Sabtu 05 Oktober 2019 15:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 05 337 2113291 hendropriyono-polisi-jangan-ragu-tangkap-dalang-kerusuhan-IH0VWvaLSy.JPG AM Hendropriyono (Foto: Okezone/Harits Tryan Akhmad)

JAKARTA - Mantan Danjen Kopassus Jenderal (Purn) TNI, AM Hendropriyono meminta anggota TNI maupun para purnawirana tidak terbawa dalam hingar bingar politik Tanah Air.

“Kita tidak boleh terbawa arus hingar bingar politik ada demo-demo yang tidak berhenti-berhenti tidak boleh ada prajurit atau purnawirawan terlibat di situ,” tegas Hendropriyono kepada wartawan saat ditemui di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Terkait situasi yang semakin memanas seperti aksi unjuk rasa berujung anarkis yang belakangan terjadi, Hendro mendorong agar pihak berwajib dapat segera menangkap dalang dari semuanya. Menurutnya, tak boleh ada pembiaran kepada mereka yang berniat mengganggu stabilitas keamanan negara.

"Dalang-dalangnya itu merasa tidak akan bisa ditangkap, padahal tidak ada yang kebal hukum di republik ini. Siapapun yang melanggar harus ditindak," tegasnya.

Hendropriyono menyebut jika para dalang kerusuhan tidak segera ditangkap, maka akan menjadi pengganjal terhadap stabilitas keamanan bangsa menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

AM Hendropriyono

"Jelas-jelas mengganggu pelantikan presiden jadi harus sesegera mungkin secara tepat orang-orang yang mengotori gerakan anarkis ini dipisahkan dari massanya," tutur Hendro.

Mantan Kepala BIN ini juga meminta polisi tidak pandang bulu dalam penegakan hukum ini. Sekalipun ada keterlibatan seorang purnawirawan dalam kerusuhan, harus tetap ditindak secara tegas mengingat di Indonesia tidak ada seorangpun yang kebal hukum.

"Tangkap saja kalau memang melanggar hukum, tangkap saja kalau memang makar itu kan ada hukumnya. Polisi jangan ragu-ragu nangkap. Siapapun pemerintahnya yang dipilih rakyat kita dukung," ucap dia.

Di sisi lain, Hendro menilai, upaya penggagalan pelantikan presiden tidak akan berhasil. Sebab, tidak didukung oleh kekuatan militer.

“Di negara manapun di dunia ini, formulanya bahwa kalau angkatan darat dan marinir tidak terlibat aksi-aksi anarkis, aksi-aksi jalanan itu namanya bukan people power jadi masyarakat jangan khawatir," kata Hendro memungkasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini