TNI Pamer Pesawat Tanpa Awak pada Peringatan HUT Ke-74

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Sabtu 05 Oktober 2019 15:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 05 337 2113285 tni-pamer-pesawat-tanpa-awak-pada-peringatan-hut-ke-74-4NjqO8Hm5w.JPG Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto (Foto: Puspen TNI)

JAKARTA - Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 TNI menyajikan tontonan menarik. Dalam kesempatan itu TNI memamerkan pesawat tanpa awak (drone) tempur CH-4 Rainbow di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto memberkan pesawat tersebut merupakan kali pertamanya drone terbaru tersebut diterbangkan di depan Jokowi.

"Hari ini kita tampilkan di depan Pak Presiden bahwa kita sudah memiliki pesawat tanpa awak dengan kemampuan mampu terbang dengan radius of action 1.500-2.000 kilometer, dengan menggunakan beyond line offside dengan bantuan satelit," ujar Panglima di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019).

Dijelaskannya, kecanggihan drone tempur terbaru tersebut sudah diuji tembak langsung saat latihan gabungan di Situbondo, Jawa Timur beberapa waktu lalu. Di mana memang hasilnya m dianggap bagus sebagai sistem pertahanan, maupun penyerangan.

"Pesawat tersebut seperti yang saya sampaikan ketika latihan gabungan TNI di Situbondo dan sudah melaksanakan penembakan menggunakan rudal dan hasilnya sangat baik," tutur Hadi.

"Penampilan berikutnya adalah banyak kita tunjukkan hasil produksi dari Pindad, khusunya kendaraan-kendaraan tempur, itu yang spesial pada HUT ke-74 TNI hari ini," tambahnya.

Suasana Peringatan HUT ke-74 TNI di Halim

Diwartakan sebelumnya, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggelar acara parade dan defile dalam memperingati hari ulang tahun ke-74 di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Perayaan HUT TNI ini dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Presiden Jokowi turut didampingi Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, KSAD Jenderal TNI Andika Perkasa, KSAL Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, dan KSAU Marsekal TNI Yuyu Sutisna.

Dalam parade HUT TNI ini pasukan yang akan diturunkan mencapai 6.806 personel. Sementara itu, sejumlah alutsista juga dikerahkan untuk memeriahkan parade HUT ke-74 TNI.

Selain itu, HUT ke-74 TNI juga akan menyajikan keterampilan prajurit, yakni Kolonel Senapan, Bela Diri Militer, Tari Perang Garuda, Terjun Payung, serta Demo Udara yang terdiri dari Fly Pass, BTU, Tempur Udara, Composite Strike, Jupiter Aerobatic, dan Boms Burs.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini