nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kemenag Akan Kumpulkan Tokoh Agama Se-ASEAN Bahas Perdamaian

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 16:01 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 337 2112919 kemenag-akan-kumpulkan-tokoh-agama-se-asean-bahas-perdamaian-JYREVsEOHg.jpg Kepala Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama Abdurrahman Mas'ud (Foto: Sarah Hutagaol)

JAKARTA - Badan Litbang dan Diklat Agama Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar kegiatan International Conference on Religion and Education pada 8-10 Oktober 2019 di Hotel Santika Bintaro, Tangerang Selatan, Banten.

Rencananya, kegiatan tersebut akan mengundang para peneliti, akademisi, praktisi pendidikan keagamaan, dan tokoh umat agama dari 10 negara di ASEAN, yakni Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam, Kamboja, Brunei, Timor Leste, dan Philipina.

Baca Juga: Tingkatkan Kinerja, Kemenag Lantik 42 Pejabat Baru di Bidang Pendidikan Islam

Kemenag

Kepala Badan Litbang dan Diklat Kemenag Abdurrahman Mas'ud menjelaskan kalau tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk membahas mengenai kebinekaan dan perdamaian di bidang pendidikan dan keagamaan.

"Ya itu bisa terlihat kalau baca ininya, di papernya. Apa yang akan dibahas di sana, persoalan-persoalan yang terjadi, dan bagaimana solusinya. Kita bukan hanya pendidikan, tapi keagamaan juga," ujar Mas'ud di Kemenag, Jakarta Pusat, Jumat (4/10/2019).

"Ya intinya semuanya itu adalah perdamaian, damai dengan lokalitas, damai dengan di luar agama yang bersangkutan. Intinya ini dua multiculturalism dan peace," tambahnya.

Oleh sebab itu, Mas'ud berharap dari kegiatan tersebut tercapai target-target, seperti pertemuan dan komunikasi tokoh umat beragama di negara-negara ASEAN, dan terjadinya pertemuan gagasan dan pemikiran untuk menjawab persoalan-persoalan.

"Dihasilkannya naskah-naskah kerjasama antar negara ASEAN dalam pengembangan moderasi beragama dan pendidikan, dan tersusunnya prosiding internasional yang terindeks global," ujar Mas'ud.

Baca Juga: Bantah Politikus PKB, Kemenag: Kepemimpinan Lukman Hakim Menunjukkan Kemajuan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini