nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keluarga Harap Jenazah WNI Korban Jembatan Ambruk di Taiwan Segera Dipulangkan

Fathnur Rohman, Jurnalis · Jum'at 04 Oktober 2019 14:57 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 04 337 2112887 keluarga-harap-jenazah-wni-korban-jembatan-ambruk-di-taiwan-segera-dipulangkan-MGyNVel7ug.jpg Keluarga berharap jenazah Wartono bisa segera dipulangkan (Foto: Okezone/Fathnur)

CIREBON - Jembatan sepanjang 140 meter di Nanfangao, Yilan, Taiwan ambruk pada Selasa, 1 Oktober sekira pukul 09.30 waktu setempat. Akibat insiden tersebut, tiga Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK) meninggal dunia.

Dari ketiga WNI itu, salah satunya merupakan warga Blok Telar Gedang, Desa Pegagan Kidul, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Ia bernama Wartono (29).

Berdasarkan penuturan kaka kandung Wartono yakni Taman (41), pihak keluarga baru mendapat kabar tersebut setelah beberapa jam insiden nahas itu terjadi. Saat ini, ia masih menunggu informasi terkait proses pemulangan jenazah Wartono dari Taiwan.

Baca Juga: WNI Korban Jembatan Ambruk Taiwan Ditemukan Tewas

"Hari Selasa dapat kabar dari saudara di sana kalo ada jembatan ambruk di Taiwan. Kabarnya hari ini sedang ada sidang di Kejaksaan setempat untuk proses pemulangan jenazah adik saya," ujar Taman saat ditemui Okezone, Jumat (4/10/2019).

Taman sendiri mengaku sangat terkejut, setelah mengetahui kalau adiknya menjadi salah satu korban insiden ambruknya jembatan di Taiwan. Padahal, sebelumnya Wartono sempat berkomunikasi dengan salah satu anggota keluarga melalui sosial media.

Jembatan di Taiwan Ambruk (Foto: DW)

"Komunikasi lancar. Terakhir dia sempat berkomunikasi dengan anggota keluarga di sini, " sambungnya.

Disampaikan Taman, sebelum insiden nahas itu terjadi, kapal ikan dengan nomor lambung 366 yang dinaiki Wartono tengah bersandar di Pelabuhan Nanfangao untuk mengisi bahan bakar. Wartono ketika itu sedang beristirahat di dalam kapal bersama dengan ABK lainnya.

Baca Juga: Dua WNI Tewas dalam Insiden Jembatan Ambruk Taiwan

"Saat itu kapal lagi bersandar untuk mengisi bahan bakar," katanya.

Taman menyebut, bahwa ia sama sekali belum berkomunikasi dengan pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia di Taiwan. Ia berharap agar jenazah adiknya tersebut bisa segera dipulangkan.

"Belum ada komunikasi dengan pihak Kedubes RI di sana. Kalau PT yang memberangkatkan adik saya, kemarin sudah datang kesini. Mereka menyerahkan dokumen pribadi milik adik saya, " ucap dia.

Sekedar informasi, pada Selasa, 02 Oktober 2019, sebuah jembatan di Nanfangao, Yilan, Taiwan ambruk. Setidaknya 3 WNI meninggal dunia dan akibat kejadian tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini