Bamsoet Resmi Jadi Ketua MPR Periode 2019-2024

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 03 Oktober 2019 21:28 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 03 337 2112631 bamsoet-resmi-jadi-ketua-mpr-periode-2019-2024-Ghj27kTHiN.jpg Bambang Soesatyo (Foto : Okezone.com/Harits)

JAKARTA - Bambang Soesatyo atau Bamsoet resmi menjdi Ketua MPR periode 2019-2024 usai seluruh fraksi dan kelompok DPD melakukan musyawarah mufakat.

Mulanya, sidang sempat diskors selama 60 menit karena menunggu keputusan akhir dari Partai Gerindra yang belum menentukan sikap musyawarah mufakat.

Setelah itu, sekira pukul 20.50 WIB sidang paripurna kembali dibuka oleh pimpinan sementara MPR Abdul Wahab Dalimunthe. Tapi lagi-lagi diskorsing lantaran fraksi Gerindra belum ada di ruang rapat

Bamsoet resmi jadi Ketua MPR (Foto : Okezone.com/Harits)

Kemudian pada pukul 21.00 WIB, Abdul Wahab Dalimunthe kembali membuka sidang dengan mendengarkan pandanga ketua Fraksi partai Gerindra di MPR RI Ahmad Riza Patria.

"Demi untuk kepentingan yang lebih besar, kepentingan negara kepentingan persatuan kami kedepankan Musyawarah mufakat. Hasil konsultasi Bapak Prabowo Subianto dan Ibu Megawati Soekarnoputri bersepakat untuk menjaga forum MPR RI ini dalam forum musyawarah," katanya.

“Kami fraksi Partai Gerindra sudah sepakat usung pak Bambang Soesatyo sebagai ketua MPR 2019-2024,” kata Riza di ruang rapat.

Dengan kesepakatan ini, selaku pimpinan sidang Abdul menanyakan apakah pernyataan fraksi partai Gerindra dapat diterima sehingga memutuskan Bamsoet sebagai Ketua MPR.

"Oleh karena itu dengan persetujuan Gerindra, secara Musyawarah ujar saudara Bambang Soesatyo terpilih menajdi ketua MPR,” tanya Abdul

“Setuju," Jawab anggota MPR yang hadir.

Baca Juga : KPK Klarifikasi Isu "Barter Perkara" di Balik Foto Novel & Anies Baswedan

Struktur resmi pimpinan MPR periode 2019-2024 resmi terbentuk. Di mana Ketua MPR akan diisi oleh Bambang Soesatyo dari Golkar dibantu dengan Wakil Ketua MPR, Syarief Hasan dari Fraksi Partai Demokrat, Ahmad Basarah Fraksi dari PDI Perjuangan, Jazilul Fawaid dari Fraksi PKB.

Sementara Hidayat Nur Wahid dari Fraksi PKS, Zulkifli Hasan dari Fraksi PAN, Lestari Moerdijat dari Fraksi Partai Nasdem, Ahmad Muzani dari Fraksi Partai Gerindra, Arsul Sani dari Fraksi PPP dan Fadel Muhammad dari unsur DPD.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini