DPD Ikut Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

Harits Tryan Akhmad, Okezone · Kamis 03 Oktober 2019 18:29 WIB
https: img.okezone.com content 2019 10 03 337 2112539 dpd-ikut-dukung-bamsoet-jadi-ketua-mpr-MiX2XOLAit.jpg Bambang Soesatyo

JAKARTA - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) akhirnya resmi menyatakan dukungan kepada politikus partai Golkar, Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjadi Ketua MPR periode 2019-2024.

Dalam surat keputusan yang ditandatangani oleh Pimpinan Kelompok DPD yaitu Ketua Intsiawati Ayus dan Sekretaris Abraham Liyanto, tertulis dua poin yang dituangkan, pertama mendukung Bamsoet sebagai ketua MPR dan poin kedua menduking Fadel Muhammad perwakilan dari unsur DPD sebagai wakil ketua I MPR.

“Kami DPD RI menyatakan dukungan kepada Bapak Bambang Soesatyo sebagai Ketua MPR RI dan pimpinan MPR RI untuk wakil dari unsur DPD adalah bapak Fadel Muhammad,” kata Ketua Kelompok DPD Intsiawati Ayus di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Bambang Soesatyo

Intsiawati menuturkan, DPD tidak mempunyai pertimbangan untuk mendukung Bamsoet sebagai Ketua MPR. Namun, lebih kepada komitmen antara DPD RI dengan partai Golkar.

“Kalau dengan MPR RI tentu kita ingin bekerja sama yang baik karena rumah MPR ini terdiri dari DPD dan DPR. Keinginan kami bersanding elok antara DPD dan DPR dalam rumah besar MPR,” paparnya.

“Kalau saya nyatakan tadi dukungan khusus kepada Golkar, itu tidak lebih kami ingin mempertajam lagi kemitraan antar lembaga dalam kinerja karena kinerja di parlemen ini untuk legislasi dan aspirasi,” tambah Intsiawati.

Terkait lima syarat yang sebelumnya diajukan Fadel Muhammad kepada calon Ketua MPR, Intsiawati menyebut hal itu sebagai bentuk sebuah komitmen antara lembaga.

Baca Juga : Didukung 8 Fraksi, Bamsoet Berpeluang Mulus Jadi Ketua MPR

“Itu komitmen mitra lembaga, mitra DPD bersama DPR. DPD dan fraksi-fraksi, salah satu fraksi adalah Golkar,” katanya.

Dengan begitu, saat ini sudah ada delapan fraksi yang mendukung Bamsoet untuk menjadi ketua MPR periode 2019-2024, yaitu fraksi meliputi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai NasDem, Partai Golkar, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat, Partai Amanat Nasional (PAN) dan satu lagi dari unsur DPD.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini