nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rela Mundur, Fadel Ajukan 5 Syarat DPD ke Kandidat Ketua MPR

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 16:38 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 03 337 2112476 rela-mundur-fadel-ajukan-5-syarat-dpd-ke-kandidat-ketua-mpr-drQZf68q0P.jpg Fadel Muhammad (Foto: Sindo)

JAKARTA - Setelah sebelumnya ngotot untuk menjadi Ketua MPR, Fadel Muhammad unsur pimpinan MPR dari DPD membuka peluang pihaknya untuk bergabung dalam salah satu kandidat Ketua MPR periode 2019-2024.

Diketahui, saat ini menguat dua nama yang digadang-gadang menjadi calon Ketua MPR terkuat yakni Bambang Soesatyo alias Bamsoet dari Partai Golkar dan Ahmad Muzani dari Partai Gerindra. 

“Kita lihat. Kalau maju juga kalah, buat apa? Kita follow the winner saja,” kata Fadel di sela rapat lobi-lobi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Gerilya Fadel Muhammad Demi Kursi Ketua MPR

Fadel mengutarakan, situasi saat ini lobi-lobi terus dilakukan. Seperti antara fraksi pendukung Bamsoet yang didominasi partai pengusung koalisi pemerintah dan fraksi pendukung Ahmad Muzani. Namun, kekinian masih berlangsung secara alot.

“Golkar, PDIP makin menyatu diikuti oleh kelompoknya Jokowi dan kelompok non-Jokowi. Sekarang kelompok non-Jokowi, Demokrat, PAN, Gerindra dan PKS itu terus menghubungi kita. Kalau ini tambah ini menang yang ini kan kalau yang ini tambah DPD, kita yang menang,” ujar Fadel.

DPR/MPR

Karena itulah menjadi dasar mengapa DPD membuka peluang untuk bergabung ke salah satu kandidat ketua MPR. Namun demikian, DPD tak mau memberikan suara kepada salah satu kandidat secara cuma-cuma.

Mereka bakal secara suka rela memilih baik Bamsoet maupun Muzani asal dapat memenuhi syarat dan permintaan dari DPD. Kata Fadel, setidaknya ada lima syarat yang diajukan DPD untuk merebut suara mereka dalam penentuan kursi Ketua MPR antara Bamsoet dan Muzani.

“Kita akan bergabung dengan partai mana yang mengikuti lima permintaan kita,” ujar Fadel.

Baca Juga: Ini 10 Nama Calon Pimpinan MPR Periode 2019-2024

Lima syarat dari DPD di antaranya adalah DPD minta keterlibatan mereka dalam dana transfer daerah; kedua, meminta DPD terlibat dalam mengatur dana desa.

“Kita minta DPD ikut mengatur dana insentif yang saya bikin di Komisi XI dulu, sekarang Rp15 triliun. Daerah mana yang bagus kita kasih anggaran atas prestasi pemerintahan daerah, kalau you bupati bagus, gubernur bagus, kita kasih duit tambahan lebih besar kita kasih esktra dana,” kata Fadel.

Untuk syarat keempat, lanjut Fadel, DPD meminta perbaikan undang-undang terkait dengan pemerintahan daerah, semisal Undang-Undang tentang Keuangan Daerah.

“(Syarat) yang terakhir MD3, ada teman-teman yang mengatakan MD3 plus UUD 45 untuk penguatan cuma saya bilang itu masih panjang, ini dulu yang lebih pokok. Adanya itu maka DPD punya gigi di daerah-daerah, kalau enggak DPD gak ada apa-apa. Orang bisa mengatakan cuma survei yang ada 30 persen orang tahu DPD,” kata Fadel.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini