nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Digitalisasi Pengarsipan, Kemhan RI Luncurkan Aplikasi e-Minu

Fahreza Rizky, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 16:12 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2019 10 03 337 2112463 digitalisasi-pengarsipan-kemhan-ri-luncurkan-aplikasi-e-minu-sxWhBXFG8V.jpg Kepala Biro TU dan Protokol Setjen Kemhan, Brigjen TNI Sonny saat peluncuran Aplikasi e-Minu (foto: Okezone.com/Reza)

JAKARTA - Biro Tata Usaha dan Protokol Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI, bekerjasama dengan PT Revainfo Utama meluncurkan aplikasi e-Minu dalam rangka digitalisasi pengarsipan perkantoran.

Berdasarkan pantauan Okezone, acara peluncuran aplikasi e-Minu dihadiri Kepala Biro TU dan Protokol Setjen Kemhan, Brigjen TNI Sonny Edhie; Kapusdatin Kemhan, Brigjen Dominggus Pakel; dan Direktur PT Revainfo Utama Rudy Harsaputra.

Brigjen Sonny Edhie mengatakan, peluncuran aplikasi e-Minu sejalan dengan pesatnya kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Karena itu, Biro TU Kemhan ingin mengaplikasikan kemajuan teknologi dalam hal pengarsipan.

"Ini kebutuhan dan tuntutan dari perkembangan teknologi. Saat ini kita memasuki revolusi industri 4.0 yang ditandai dengan big data. Sehingga penerapan aplikasi e-Minu ini tidak bisa dihindari lagi," katanya di Gedung Kemhan RI, Jakarta Pusat, Kamis (3/10/2019).

Jenderal bintang satu ini menambahkan, aplikasi e-Minu akan langsung diterapkan di seluruh satuan kerja (satker) Kemhan RI pasca diluncurkan secara resmi. Sonny berharap kehadiran aplikasi ini dapat memudahkan pengarsipan untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

"Jadi begitu kita launching akan langsung diterapkan di satker Kemhan untuk mempercepat proses. Mulai tahapan pengarsipan sampe upayakan penandatanganan secara elektronik," terang Sonny.

Sementara itu, Direktur PT Revainfo Utama, Rudy Harsaputra mengatakan pihaknya selaku pengembang aplikasi e-Minu menjamin keamanan arsip Kemhan yang disirkulasikan dalam aplikasi tersebut.

"Karena masih intranet, kalau sudah dibikin internet akan kita buat VPN. Jadi sudah dilengkapi dengan pengamanan," pungkasnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini