nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jadi Juri Sayembara Desain Ibu Kota Baru, Ini Kriteria Kota Impian Ridwan Kamil

CDB Yudistira, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 14:10 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 03 337 2112406 jadi-juri-sayembara-desain-ibu-kota-baru-ini-kriteria-kota-impian-ridwan-kamil-hmNzB5ZTiP.jpg Foto: Kementerian PUPR

BANDUNG - Gubernur Jabar Ridwan Kamil ditunjuk langsung sebagai juri sayembara desain ibu kota baru. Ia mendapat penunjukan dari Presiden melalui Menteri Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuldjono.

Emil sapaan lain Gubernur Jabar mengatakan, untuk mendesain kota baru mesti sesuai dengan teori kelas dunia yakni mengedepankan nilai-nilai humanis.

"Semua konsep-konsep terbaik se dunia itu harus berkumpul di ibu kota baru, jangan mengulangi kota-kota yang tidak humanis," kata dia ketika ditemui di Kantor DPRD Jabar, Kamis (3/10/2019).

Baca Juga: Pemindahan Ibu Kota Negara Diharapkan Jadi Visi Baru Indonesia

Ciri kota yang humanis menurut dia miliki jarak yang dekat sehingga masyarakat hanya perlu berjalan kaki, bangunan berkonsep ramah terhadap lingkungan, serta memiliki tingkat kepadatan hunian yang cukup.

"Kepadatannya harus cukup tidak terlalu padat bikin sesak dan terlalu jauh bikin boros transportasi," jelas dia.

Selain Emil ada sembilan orang lainnya yang ditunjuk. Namun, dia belum mengetahui siapa juri lainnya dalam sayembara tersebut.

Ridwan Kamil

"Yang gubernur baru saya karena ada garis miring profesi sih," ungkap dia.

Seperti diketahui, Kementerian Pekerjaan dan Perumahan Rakyat (PUPR) membuka sayembara untuk membuat desain kawasan Ibu Kota Negara (IKN) baru di Kalimantan Timur. Semua pihak baik swasta maupun elemen masyarakat lainnya bisa mengikuti sayembara tersebut.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengatakan desain ibu kota baru nantinya harus menyangkut pada 3T, yaitu kota yang memiliki toleransi, top tallent dan teknologi. Menurut Basuki, ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini