nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menhan Ajak Masyarakat Gelorakan Semangat Pancasila

Fadel Prayoga, Jurnalis · Kamis 03 Oktober 2019 07:49 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 03 337 2112247 menhan-ajak-masyarakat-gelorakan-semangat-pancasila-okM0eq9EM6.jpg Menhan RI, Ryamizard Ryacudu (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan), Ryamizard Ryacudu mengajak masyarakat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila sebagai pemersatu bangsa harus terus disosialisasikan dalam segala bentuk dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

"Pancasila perlu diimplementasikan dalam kehidupan dengan segala perkembangan dan dinamika komunikasi di masyarakat," ujar Menhan, Kamis (3/10/2019).

Menhan di sela acara silaturahmi dan dialog kebangsaan lintas tokoh agama kemarin juga mengajak seluruh komponen bangsa untuk terus menjaga nilai-nilai Pancasila, serta menggelorakan semangat persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika.

Indonesia sebagai negara kepulauan kata dia, sangat kaya akan keanekaragaman adat, budaya, tradisi serta agama, dan telah dipersatukan dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila serta semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Modalitas bangsa itu sedianya terus digelorakan, dijaga dan dilestarikan melalui berbagai upaya serta sarana menuju Indonesia yang lebih maju, sejahtera dan sentosa," tuturnya.

Mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) itu juga mengimbau seluruh elemen bangsa merapatkan barisan dan memperkuat persatuan dalam berkompetisi dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

"Perkecil perbedaan dan perbesar persamaan. Kita semua bersaudara, satu bangsa, satu tanah air, satu negara dan satu tujuan," ucap dia.

Menhan Ryamizard Ryacudu

Ia menambahkan, Pancasila sebagai alat pemersatu sejatinya dijadikan etos bangsa dan media untuk merajut kembali persatuan bangsa, mengeratkan hubungan antar agama dan antaretnis, di tengah gencarnya pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan ideologi bangsa.

Sudah sepatutnya lanjut Menhan, Pancasila sebagai sebuah ideologi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga menjadi landasan nilai dan prinsip yang terus mengalir bagi setiap generasi penerus bangsa.

"Supaya meski Indonesia memiliki keragaman etnik, agama, dan keyakinan, budaya dan tradisi, serta bahasa, tetaplah satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa Indonesia dalam bingkai NKRI yang kokoh," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini