nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

PDIP Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR 2019-2024

Harits Tryan Akhmad, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 23:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2019 10 02 337 2112190 pdip-dukung-bamsoet-jadi-ketua-mpr-2019-2024-FH27uqf8Yz.jpg Ketua Fraksi PDIP di MPR, Ahmah Basarah (foto: Okezone)

JAKARTA - PDI Perjuangan (PDIP) akhirnya menyatakan dukungannya untuk politikus Golkar Bambang Soesatyo alias Bamsoet menjadi Ketua MPR periode 2019-2024.

“Sesuai arahan Ketua Umum PDI Perjuangan Ibu Megawati Soekarnoputri, partai kami akan mendukung Bambang Soesatyo dari Fraksi Partai Golkar sebagai calon Ketua MPR," kata Ketua Fraksi PDIP di MPR Ahmad Basarah kepada wartawan, Rabu (2/10/2019).

Baca Juga: Fadel Muhammad Terpilih Jadi Pimpinan MPR Periode 2019-2024 dari Unsur DPD 

Basarah menerangkan, keputusan itu diambil usai adanya pertimbangan demi tegaknya demokrasi Pancasila yang dimana merupakan salah satu cirinya adalah pemenang pemilu berbagi kekuasaan dengan parpol peserta pemilu lainnya.

Resmi! 711 Anggota MPR Periode 2019-2024 Dilantik Hari Ini 

"Kursi Ketua MPR kami serahkan kepada parpol lain karena Ketua DPR sudah dipimpin oleh kader PDI Perjuangan dan jabatan Presiden yang juga dijabat oleh kader PDI Perjuangan. PDIP meyakini bahwa semangat demokrasi Pancasila bukanlah the winner take all (pemenang pemilu mengambil semua)," tegas dia.

Lebih jauh, kata Basarah, dukungan PDI Perjuangan terhadap Bamsoet bukan tanpa syarat. Seperti salah satunya mengawal betul pemerintahan Presiden Joko Widodo supaya berjalan sesuai asas konstitusi.

"PDI Perjuangan juga meminta Bamsoet mendukung kelanjutan rencana amandemen terbatas UUD 1945 untuk hadirkan Haluan Negara melalui Ketetapan MPR," imbuhnya.

Baca Juga: Nasdem Ungkap Lobi 'Makan Siang' Ala Bamsoet 

Kemudian, Bamsoet juga harus melanjutkan dengan sungguh-sungguh program Sosialisasi 4 Pilar MPR RI yang digagas pada awalnya oleh HM Taufiq Kiemas. Serta mendukung MPR untuk bekerja sama dan bersinergi dengan BPIP dalam tugas-tugas pembinaan ideologi bangsa.

“Syarat-syarat dukungan itulah yang telah kami sampaikan kepada Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar dan disambut dengan baik oleh Bamsoet dan rekan-rekan dari Fraksi Partai Golkar,” tandasnya.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini