nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Arya Sinulingga Bicara Pentingnya Media Literasi di MNC College

Sarah Hutagaol, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 16:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2019 10 02 337 2112039 arya-sinulingga-bicara-pentingnya-media-literasi-di-mnc-college-7YPGt1alJ5.jpg

JAKARTA - Direktur Corporate Secretary MNC Arya Sinulingga menyebutkan bahwa kemampuan media literasi saat ini tidak hanya dibutuhkan oleh mahasiswa, melainkan untuk berbagai kalangan atau golongan masyarakat.

Hal tersebut disampaikannya dalam kegiatan CSR MNC Media, yakni Media Literasi bertajuk 'Talkshow Televisi' yang diselenggarakan di MNC College, kawasan Kedoya, Jakarta Barat, Rabu (02/10/2019).

"Tujuan kita adalah untuk supaya minimal orang-orang terpelajar itu paham mengenai apa yang ditampilkan oleh media," ujar Arya Sinulingga.

Menurut Arya, saat ini media massa terutama digital kerap tidak menampilkan informasi secara keseluruhan. Maka, dengan kemampuan media literasi, masyarakat diharapkan bisa mencari informasi dari sumber yang benar.

Arya Sinulingga

"Jadi sering sekali di media itu, apalagi khususnya di media digital, sering sekali banyak miss informasi atau pemotongan informasi yang membuat info itu tidak ditangkap secara utuh," ungkapnya.

"Saya kasih contoh seperti RUU KUHP, ternyata banyak yang tidak dipahami orang-orang karena media juga punya bagian yang sering sekali menyampaikan tidak utuh. Sehingga kawan-kawan sebagai seorang intelektual mencari informasi dengan sebaik-baiknya," lanjut Arya.

Lebih lanjut, politisi Partai Perindo ini menyebutkan bahwa informasi yang dibaca melalui media massa dijadikan sebagai alat awal untuk mendapatkan informasi. Untuk mencari kebenarannya, maka diperlukan kemampuan literasi itu.

'Makanya informasi itu tidak boleh berhenti ketika membaca sebuah berita, langsung dipercaya detail. Harus dipakai alat awal, informasi media adalah info awal, berikutnya anda yang mencarikan. Itu lah yang namanya kemampuan, atau paham terhadap media," tutupnya.

Sekadar diketahui, kegiatan media literasi ini sebagai salah satu rangkaian acara dalam menyambut hari ulangtahun MNC Media. Rencananya kegiatan tersebut akan dilakukan di tiga kampus, Universitas Mercu Buana, MNC Business College dan Universitas Bina Nusantara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini