nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Soal Waktu Pelantikan, Jokowi Tunggu Pimpinan MPR Baru

Bramantyo, Jurnalis · Rabu 02 Oktober 2019 15:11 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2019 10 02 337 2111982 soal-waktu-pelantikan-jokowi-tunggu-pimpinan-mpr-baru-0ZACTUjOMq.jpg Presiden Joko Widodo (Foto: Ist)

SOLO - Presiden Joko Widodo (Jokowi) enggan bicara banyak menyangkut waktu pelantikan dirinya sebagai presiden periode 2019-2024 bersama Ma'ruf Amin. Sebab, hingga saat ini pimpinan MPR yang baru belum ditetapkan.

Sehingga Jokowi mengaku belum bisa berkonsultasi dengan pimpinan MPR baru terkait waktu pelantikan.

"Saya belum bisa bicara banyak soal kapan pelantikannya. Belum lho (pimpinan MPR RI baru). Apa yang mau dibicarakan jika pimpinan (MPR) baru, belum ditetapkan," ujar Presiden Jokowi usai menghadiri hari Batik Nasional ke 10 di Pura Mangkunegaran, Solo, Rabu (2/10/2019).

Baca Juga: Seskab: Usulan Pelantikan Presiden Maju Sehari Bukan dari Istana

Meski begitu, Jokowi memastikan bersama Ma'ruf Amin menyerahkan sepenuhnya pelantikannya pada MPR. "Setelah terbentuk ketua dan pimpinan MPR baru, kami (baru) menyampaikan mengenai pelantikan," ujarnya.

Jokowi-Maruf Amin

Termasuk tanggal pelantikan nanti apakah dimajukan atau dimundurkan, Jokowi menyerahkan penuh pada MPR.

"Kira serahkan pada yang punya kerja yakni MPR jadi kita serahkan ke sana jangan tanyakan ke saya. Meskipun saya dapat usulan dari banyak relawan 'pak dimajukan tanggal segini (19 Oktober) pelantikannya' sekali lagi saya jawab, itu kewenangan MPR," ujarnya.

Saat ditanyakan apakah Jokowi telah mempersiapkan kabinet baru di periode keduanya, dengan gaya khasnya, Jokowi menyebut, untuk kabinet, menunggu pelantikan dirinya. "Dilantik aja belum. Nanti kalau sudah pelantikan baru dibicarakan masalah kabinet," tuturnya.

Baca Juga: Soal Waktu Pelantikan Presiden, PDIP: Jokowi Taat Aturan

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini